All for Glory of Jesus Christ

Simbol, Nada, dan Jiwa

Saya baru mendapatkan sesuatu dua hari ini. Ketika suasana hati saya sedang sedih dan tidak terlalu bersemangat, tiba-tiba saja di pikiran saya timbul kata-kata yang disertai nada lagu demikian:

Let Us Do All Things for Him

Let’s dance
Let’s jump
Let’s clap
Let’s shout joyfully (Yay!)
He is God who’s great
Let us do all things for Him

Begitu kata-kata dan nada lagu itu muncul di pikiran saya, sekejap hati saya langsung ceria dan bersemangat lagi. Kemarin ketika saya mengobrol dengan seorang teman, tiba-tiba saya ingin membagikan lagu ini kepadanya. Lalu ia berkata kalau lagu ini bagus untuk anak-anak sekolah minggu.

Begitu ia berkata begitu, dalam pikiran saya langsung tergambar gerakan-gerakan untuk menyanyikan lagu ini. Jadi gerakannya sebagai berikut (gerakan dinyatakan dalam kata atau frasa yang ada di dalam tanda kurung):

Let Us Do All Things for Him

Let’s dance (menari dengan menggoyangkan pinggul)
Let’s jump (melompat setinggi-tingginya)
Let’s clap (bertepuk tangan 1 kali)
Let’s shout joyfully (Yay!) (tangan mengangkat ke atas membentuk huruf V)
He is God who’s great (tangan bergerak membuat lingkaran besar)
Let us do all things for Him (tangan terangkat ke depan dengan telapak tangan terbuka ke atas)

Saat saya menuliskan tangan mengangkat ke atas membentuk huruf V, saya tiba-tiba teringat seorang teman yang lain suka menggunakan simbol untuk menggambarkan sedang tersenyum. Lalu saya gambarkan:

\(^o^)/

Jadi itu adalah gambar orang yang sedang mengangkat kedua tangannya dengan kondisi sedang tersenyum. Simbol orang tersebut dengan huruf V sebagai representasi dari Victory (kemenangan).

Saya sendiri tidak mengerti tapi memang setiap kali saya teringat lagu ini dan menyanyikan lagu ini dalam pikiran, apalagi dengan dinyanyikan sungguhan, langsung suasana hati saya jadi membaik seketika dan sangat sukacita. Aneh!

Ketika tadi pagi saya berenang, saya tiba-tiba teringat lagu ini, juga simbolisasi gambar, dan gerakan lagu ini. Sekejap saya mendapatkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara simbol, nada, dan jiwa.

Saya tidak tahu mungkin dalam cabang ilmu psikologi sudah ada penelitian ini. Setahu saya memang musik dan jiwa itu benar-benar erat kaitannya. Ada pengaruh yang besar dari penggunaan musik terhadap jiwa.

Untuk ibu-ibu yang sedang mengandung, jika sang bayi sedang gelisah dan diperdengarkan musik tertentu yang bersifat menenangkan, sang bayi lalu menjadi tenang. Contoh lain, di Alkitab dituliskan mengenai Raja Saul yang sedang kerasukan roh jahat itu bisa menjadi tenang ketika Daud memainkan kecapi (1 Samuel 16:23).

Selain nada, memang ditulis dengan jelas di Alkitab bahwa ada kuasa dalam pujian dan penyembahan. Apalagi Daud adalah orang yang diurapi Tuhan, jadi jelas ada kuasa dalam permainan musiknya.

Dari pengalaman saya sendiri, saya merasakan dengan sangat jelas adanya pengaruh irama lagu terhadap suasana hati saya. Jadi ada sejumlah lagu, tanpa saya perlu tahu kata-katanya sudah menimbulkan suasana hati yang tidak nyaman, menyedihkan, dan menenggelamkan, tapi ada juga sejumlah lagu yang menimbulkan suasana hati yang menenangkan, menggembirakan, dan memberikan semangat.

Mengenai simbol atau gambar, ini juga berpengaruh cukup banyak pada jiwa. Melihat tulisan itu perlu proses yang lebih panjang untuk mencernanya, sementara untuk simbol, relatif lebih cepat untuk menangkapnya dan juga untuk disimpan (diingat).

Itu sebabnya Tuhan Yesus dalam pengajarannya juga banyak sekali menggunakan simbol-simbol dan perumpamaan-perumpamaan, karena hal itu lebih cepat menyentuh jiwa. Karena kita adalah murid-Nya, jelas kita perlu belajar banyak sekali dari Sang Guru Agung itu.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kita perlu waspada dengan musik yang kita dengarkan, begitu juga dengan simbolisasi-simbolisasi yang kita lihat dan dengar. Ada satu jargon yang penting berkaitan dengan ini:

“Garbage in, garbage out.”

Dengan kata lain, jika kita memasukkan sampah ke dalam diri kita, maka sampah itu juga yang akan keluar (dihasilkan) dari diri kita. Hidup kita yang hanya satu kali ini jelas sayang sekali jika dicemari oleh hal-hal yang tidak membangun.

Ada begitu banyak simbol dan nada di sekeliling kita. Jika kita diberikan kebebasan untuk memilih hal tersebut, baiklah jika kita bijaksana dalam mengambil hal-hal yang bersifat berguna dan membangun bagi diri kita, karena pilihan kita menentukan hidup kita.

Amin.

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

