All for Glory of Jesus Christ

Personality Plus

Hari ini saya akan mengetengahkan mengenai “Personality Plus”. Bagi yang belum membaca buku dengan judul yang sama yang ditulis oleh Florence Littaeur (mudah-mudahan tidak salah menulis nama penulis) dapat membacanya untuk mendapatkan gambaran yang terlebih mendalam.

Bagi pasangan dan yang sudah menikah saya merekomendasikan Anda untuk membaca buku “Personality Plus for Couple” yang ditulis oleh penulis yang sama atau buku “I Love You, but Why are We so Different?” yang dituliskan oleh Tim LaHaye.

Sebenarnya saya ingin mengutip langsung dari buku Personality Plus, tetapi karena saya sudah menghadiahkan buku tersebut kepada seorang teman, begitu pula dengan buku Personality Plus for Couple dan satu lagi apa ya judulnya? Itu dua buku terakhir sudah saya pinjamkan ke teman saya dan saya lupa kepada siapa, sehingga akhirnya saya tidak bisa mengutip langsung dari ketiga buku tersebut.

Tapi saya akan berusaha mengingat-ingat sejauh yang saya mampu. Kepribadian atau karakter atau sering juga disebut watak merupakan suatu sifat bawaan yang dimiliki oleh manusia sejak lahir.

Jenis kepribadian (personality) manusia terbagi dalam empat kelompok besar, yaitu Sanguin, Melankolis, Koleris, dan Plegmatis. Sanguin dan Melankolis merupakan dua kutub yang berkebalikan. Koleris dan Sanguin juga merupakan dua kutub yang berkebalikan.

Orang dengan kepribadian Sanguin merupakan orang-orang yang ceria, senang menjadi pusat perhatian, senang sekali berbicara, senang bergurau, pada umumnya merupakan orang yang berbicara dengan suara yang lantang. Orang-orang Sanguin merupakan penghidup suasana. Bila ada orang Sanguin sudah pasti suasana tidak akan sepi atau mengantuk. Itu garansi mutlak hahahaha.

Orang dengan kepribadian Melankolis merupakan orang-orang yang serius, pemikir, perfeksionis, tidak suka menjadi pusat perhatian, penuh perhatian dan pertimbangan terhadap perasaan orang lain, serta biasanya menghargai keindahan dan seni. Dengan orang-orang Melankolis Anda dapat berdiskusi secara serius mengenai segala hal.

Orang dengan kepribadian Koleris merupakan orang-orang yang tegas, memiliki pembawaan utama memimpin, bertekad kuat, penggerak orang-orang, tipe yang bertindak, inisiator dari suatu kegiatan, dan biasanya saat ia memimpin, orang lain akan turut dalam kepemimpinannya. Dengan orang-orang Kolerik Anda dapat mengerjakan banyak hal dan terlibat dalam banyak aktivitas, terutama dalam hal kepemimpinan.

Orang dengan kepribadian Plegmatis merupakan orang-orang yang tenang, ramah, diplomatis, pencinta damai, dan biasanya cocok dengan siapa saja. Dengan orang-orang Plegmatis Anda dapat menemukan sahabat yang menyenangkan, karena ia akan cenderung selalu mendengarkan Anda dan biasanya Anda akan banyak mendapatkan persetujuan dari teman Plegmatis Anda.

Dalam sebuah mata uang logam selalu ada dua sisi. Ada sisi angka dan ada sisi gambar. Begitu pula dengan kepribadian. Ada sisi kekuatan dan ada sisi kelemahan. Kekuatan bila dipandang dari titik ekstrim lainnya bisa menjadi kelemahan, sedangkan kelemahan dilihat dari titik ekstrim lainnya bisa menjadi kelebihan

Orang dengan kepribadian Sanguin yang merupakan penggembira dan pencerah suasana dalam sisi ekstrim dapat menjadi terlalu berlebihan mencari perhatian, berbicara berlebih-lebihan (berbohong) untuk mendramatisir dan membuat suatu cerita menjadi lebih menarik, tidak terorganisasi dengan baik, dan kurang perencanaan (lebih menyukai hal-hal yang bersifat spontan) yang seringkali menyebabkan berantakannya suatu acara liburan.

Pada umumnya orang dengan kepribadian Sanguin menjadi stress saat harus sendirian dan tidak ada orang yang memperhatikan dirinya.

Orang dengan kepribadian Melankolis yang selalu mengharapkan kesempurnaan seringkali menjadi terlalu kritis dan mengritisi segala hal, menganggap diri lebih baik/benar dari orang lain, memiliki standar yang begitu tinggi untuk dipuaskan oleh orang lain dan dirinya sendiri, terlalu banyak kuatir, memandang segala sesuatu sering dari sisi negatif, begitu teraturnya sampai kadang-kadang membosankan, demam panggung, terlalu banyak perencanaan yang bahkan bisa merusak suasana suatu acara liburan.

Pada umumnya orang dengan kepribadian Melankolis menjadi stress saat standar kesempurnaannya tidak terpenuhi dan dari keempat karakter, karakter Melankolis adalah yang paling mudah stress.

Orang dengan kepribadian Koleris yang selalu memimpin dan mengusahakan semua orang bergerak menurut pimpinannya seringkali menjadi terlalu memaksa, ngotot, mau menang sendiri, pintar sekali memanipulasi orang lain, hanya memikirkan keberhasilan proyek dan bukan hubungan antarorang, dan pada umumnya menjadi pihak yang tidak disukai karena seringkali menjadi pihak yang berbeda pendapat hanya untuk membuat pendapatnya yang didengar dan diikuti oleh orang lain.

Pada umumnya orang dengan kepribadian Koleris stres bila harus menjadi pengikut atau bila orang-orang tidak mengikuti kepemimpinannya.

Orang dengan kepribadian Plegmatis yang tenang dan ramah sering kali sulit sekali melakukan segala sesuatu (pemalas), cenderung plin-plan dan sulit mengambli keputusan, tidak tegas, dan cenderung menjadi ABS (Asal Bapak Senang) dan tipe “Yes, Mam” hanya untuk menghindari konflik.

Pada umumnya orang dengan kepribadian Plegmatis menjadi stress ketika berhadapan dengan konflik atau harus melakukan segala sesuatu.

Kepribadian kita telah ditentukan sejak lahir. Memang ada sejumlah hal-hal yang bisa kita pelajari, namun kepribadian kita itu tetap dari lahir. Seseorang bisa saja memiliki satu kepribadian dominan, atau lebih dari satu kepribadian dominan.

Saya pernah mengikuti talk show mengenai topik yang sama di gereja saya. Dari talk show itu saya memperoleh bahwa tidak mungkin seseorang memiliki dua kepribadian dominan yang saling bertolak belakang. Misalnya: kepribadian dominannya adalah Sanguin-Melankolis, Melankolis-Sanguin, Koleris-Plegmatis, atau Plegmatis-Koleris.

Bila Anda belum pernah mengikuti tes kepribadian (personality test) coba ikuti. Bila hasil kepribadian dominan Anda merupakan jenis kepribadian yang bertolak belakang, berarti ada sesuatu yang salah. Salah satu merupakan kepribadian utama, sedangkan kepribadian yang lain merupakan kepribadian “topeng”.

Tuhan menciptakan manusia amat baik adanya.

Kejadian 1:31: Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Bagaimana mungkin sesuatu yang amat baik itu terbentuk dari hal yang bertolak belakang, dari hal yang bertentangan? Sesuatu yang amat baik dibentuk dari hal yang saling melengkapi dan bersesuaian, bukan bertentangan.

Banyak orang memakai “topeng” kepribadian sebagai akibat dari rasa tertolak, disakiti, dan sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri.

Seorang anak Sanguin yang memiliki orangtua Melankolis yang banyak menuntut dapat memakai topeng Melankolis untuk dapat memuaskan orangtuanya.

Anak Melankolis dengan orangtua Sanguin dapat memakai topeng Sanguin untuk bisa diterima orangtuanya.

Anak Koleris dengan orangtua yang sangat Koleris dapat memakai topeng Plegmatis untuk bisa disukai orangtuanya.

Anak Plegmatis dengan orangtua Kolerik dapat memakai topeng Koleris untuk bisa bergerak mengikuti kecepatan orangtuanya.

Bagaimana tinjauan Alkitab berkaitan dengan empat hal ini?

Setidaknya terdapat satu ayat yang menyoroti hal positif yang ada dalam masing-masing kepribadian: Sanguin, Melankolis, Koleris, dan Plegmatis.

Filipi 4:7a: Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

Matius 5:48: Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

Ulangan 28:13: TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,

Ibrani 12:14a: Berusahalah hidup damai dengan semua orang.

Sebaliknya juga terdapat sedikitnya satu ayat yang juga menyoroti hal negatif yang ada dalam masing-masing kepribadian: Sanguin, Melankolis, Koleris, dan Plegmatis.

Mazmur 75:5: Aku berkata kepada pembual-pembual: “Jangan membual.” Dan kepada orang-orang fasik: “Jangan meninggikan tanduk!

Lukas 10:41: Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara,

Galatia 6:12: Mereka yang secara lahiriah suka menonjolkan diri, merekalah yang berusaha memaksa kamu untuk bersunat, hanya dengan maksud, supaya mereka tidak dianiaya karena salib Kristus.

Amsal 21:25: Si pemalas dibunuh oleh keinginannya, karena tangannya enggan bekerja.

Ingat, walau kepribadian Anda telah ditentukan sejak lahir, namun Anda tetap dapat mengejar yang terbaik yang perlu Anda miliki. Tahukah Anda apa hal terbaik dalam kepribadian yang perlu Anda miliki? Jawabannya adalah: buah Roh!

Galatia 5:22-23b: Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri.

Tidak ada kepribadian yang lebih baik dari kepribadian yang lain. Segala sesuatu ada sisi positif dan negatifnya. Jangan ingin menjadi seperti orang lain! Anda diciptakan unik, indah, tidak ada duanya, dan Anda sangat berharga di mata Tuhan.

Walaupun begitu tidak berarti kita perlu puas dengan diri kita apa adanya, tidak demikian! Terlepas dari apapun tipe kepribadian Anda; tanamkan, tumbuhkan, dan biarkan berbuah banyak buah Roh dalam diri Anda. Ya, kejar, dapatkan, dan tingkatkan buah Roh dalam diri Anda.

Mari kita dengan apapun kepribadian kita bersama-sama senantiasa bersukacita, melakukan yang terbaik, memberi pengaruh bagi orang sekitar kita, dan selalu mengusahakan damai dalam hidup kita dan orang lain.

Amin.

Comments on: "Personality Plus" (8)

  1. Hahahahaha saya sangat tertolong dan MENGUCAP SYUKUR dengan karakter saya yang ternyata perpaduan antara MELANKOLIS dan SANGUIN yang BERBEDA kutub krn itu membuktikan bahwa TUHAN begitu LUAR BIASA menciptakan saya dan membentuk saya ^_^ thank u for sharing this article, I’m so blessed to read this… God Bless!!!

    • archaengela said:

      Dear Osmond,
      Sebenarnya perpaduan Melankolis dan Sanguin itu biasanya hanya salah satu ya yang kuat? Perlu test yang menyeluruh untuk tahu lebih pasti. Pada umumnya sangat jarang orang memiliki karakter yang berlawanan dan dominan keduanya. Kalau itu terjadi, biasanya satu adalah karakter yang memang alami (dari lahir) sedangkan yang satunya bukan. Biasanya hanya merupakan proses adaptasi dan setiap orang lebih nyaman berprilaku dengan kepribadian alaminya. Ada baiknya untuk mengikuti test kepribadian untuk tahu lebih tepatnya sehingga bisa memaksimalkan potensi yang ada dan meminimalkan, bahkan menghilangkan kekurangan yang ada dengan bantuan Roh Kudus. You’re welcome, segala pujian hanya bagi Tuhan yang memungkinkan ini semua terjadi. Gbu.

  2. kalo sepengetahuanku, (di presonality nya florence littauer juga ada kayaknya, di penutup) 2 pribadi yang saling bertolakbelakang itu tanda pertentangan diri
    salam,,

    • Biasanya yang dominan itu memang tidak bertentangan. Kalaupun ada yang bertentangan, biasanya salah satunya itu bukan personality sebenarnya (hanya personality topeng yang biasanya biasa digunakan/dimunculkan karena pengaruh keadaan/keluarga). Di buku Florence Littaeur yang tentang keluarga (lupa judulnya) itu kalau tidak salah hal ini dibahasnya.

  3. FB Comment from EHC:
    thx buat notes hari ini mengingatkanku untuk selalu menjadi diriku sendiri , bukan memakai “topeng” untuk menyenangkan orang lain

  4. ternyata artikelnya uda lama banget, tapi gpp kan kalo baru baca dan membuat saya berpikir lagi hahaha
    maaf kalo kata kata nya kurang nyambung ato ga berhubungan dengan artikel dan pembahasan di atas
    wah baru tau, kalo karakter kita uda ada sejak lahir yaa. maksudnya uda dari sananya dong. dari Tuhan ya.. brarti bener2 karakter asli kita… dikirain kebentuk waktu kita tumbuh sejak lahir sampe gede ini
    kalo dulu waktu masih kecil kata orang tua saya anaknya bawel, suka ngomong, banyak tingkah, ceria, mdh bergaul, suka ikut kegiatan ini itu,…….tapi skrg uda gede saya ngerasain beda bgt, jadi lbh diem, jd malu2, serius, lbh k melankolis, tp kadang juga suka ngeramein gitu sih
    jadi mana yg bener2 krkter asli ya .. hahaha saya bingung dengan karakter saya sendiri.. lagi berusaha nyari jati diri kali ya hahaha pernah juga d sekolah ada tes kpribadian, tp saya krg yakin dgn hasilnya, karna tes itu krg serius rasanya waktu ngejawab tes sama temen2 sekelas jd byk bercanda
    oiya THANKS banget !! artikelnya membantu😀 GBU ! hahhahhaha

    • Dari yang saya baca, karakter asli itu adalah yang dari kecil. Karakter setelah dewasa itu banyak yang dari hasil belajar dan penyesuaian. Terima kasih sudah berkunjung. Gbu too.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: