All for Glory of Jesus Christ

Time (Trilogi-3)

Pembahasan hari ini adalah bagian terakhir dari Trilogi “Time”. Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang masa lalu dan masa sekarang. Hari ini adalah bagian terakhir dari Trilogi “Time”, yaitu mengenai masa depan.

Kembali saya akan mengutip kata-kata dalam film Kungfu Panda.

“Yesterday is history. Tomorrow is mystery. Today is a gift. That’s why it called the Present.”

Atau bila diterjemahkan secara bebas adalah:

“Kemarin adalah sejarah. Besok adalah misteri. Hari ini adalah hadiah. Itu sebabnya dinamakan Present (saat ini, tapi juga berarti kado-hadiah).”

Hari esok, masa depan, adalah misteri. Kita tidak pernah tahu akan apapun yang akan terjadi pada esok hari. Sesuatu yang misterius biasanya membuat kita penasaran. Sesuatu yagn misterius biasanya membuat kita bertanya-tanya. Sesuatu yang misterius biasanya membuat kita ingin mengetahuinya.

Sayangnya sejumlah orang begitu penasarannya sampai-sampai kemudian menghubungi “orang pintar” untuk mendapatkan informasi tentang masa depan. Dari informasi yang pernah saya dengar, katanya “orang pintar” itu bisa mengetahui dengan pasti informasi saat ini mengenai orang yang ingin bertanya tentang masa depan.

Hati-hatilah dan jangan tertipu. Anda tahu, saat Anda membiarkan diri Anda untuk mencari “orang pintar” saat itulah Anda membuka celah bagi Iblis untuk bekerja dalam hidup Anda. Iblis yang merupakan malaikat yang jatuh dalam dosa karena pemberontakan kepada Allah juga memiliki kuasa. Ya, Iblis bisa mengetahui masa lalu Anda, bisa mengetahui hal yang Anda sedang hadapi. Namun, Iblis tidak bisa mengetahui masa depan.

Zakharia 10:2: Sebab apa yang dikatakan oleh terafim adalah jahat, dan yang dilihat oleh juru-juru tenung adalah dusta, dan mimpi-mimpi yang disebutkan mereka adalah hampa, serta hiburan yang diberikan mereka adalah kesia-siaan. Oleh sebab itu bangsa itu berkeliaran seperti kawanan domba dan menderita sengsara sebab tidak ada gembala.

Lalu mengapa kog peramal bisa memprediksi masa depan seseorang yang datang padanya? Itu adalah rekaan. Kalau terjadi, itu karena Anda memberikan kuasa kepada Iblis untuk menjadikan hal itu nyata. Ibaratnya seperti orang yang membuat surat kuasa kepada orang lain untuk mengerjakan sesuatu, demikianlah juga bila Anda datang kepada peramal.

Dengan Anda meminta ramalan, sebenarnya secara langsung Anda telah membubuhkan tanda tangan pada surat kuasa bagi Iblis untuk melakukan hal yang diinginkannya dalam hidup Anda. Mungkin kesannya bagus ya, bahwa Anda dapat kaya, dapat memperoleh kekuasaan, dan lain-lain yang dijanjikan. Sayangnya, tidak ada hal yang gratis di dunia ini. Termasuk bila Anda menandatangani surat kuasa dengan Iblis.

Anda harus membayar mahal sekali untuk hal-hal yang Anda dapatkan. Saya masih ingat suatu film yang persis menggambarkan hal ini. Judulnya adalah Ghost Rider. Jadi di film itu Johny (Nicholas Cage) merupakan seorang entertainer yang bekerja sebagai pengemudi motor di atraksi menegangkan.

Suatu hari ayahnya sakit kanker stadium lanjut. Lalu Iblis datang kepadanya, menawarkan untuk membuat ayahnya sembuh dengan bayaran jiwa Johny. Ketika perjanjian disepakati, ayahnya betul sehat. Namun ternyata ayahnya kemudian meninggal juga. Sangat menyedihkan bukan?

Nah lalu bagaimana sikap kita berkaitan dengan masa depan? Sama dengan masa lalu, masa depan merupakan uncontrollable variable, kita tidak bisa mengendalikannya. Namun berbeda dengan masa lalu yang tidak dapat diubah, masa depan masih bisa kita usahakan dan kita ubah.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan berkaitan dengan masa depan:.

1. Yakobus 4:13: Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”,

Yakobus 4:14: sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.

Yakobus 4:15: Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.”

Dalam Yakobus 4:13-15 bukan berarti kita dapat hidup dengan seenaknya. Kita tetap perlu melakukan perhitungan akan apapun yang akan kita lakukan besok. Kita perlu melakukan perencanaan berkaitan dengan masa depan.

Namun, seandainya sesudah kita membuat semua rencana, Tuhan lalu membelokkannya janganlah Anda frustasi. Rencana kita tidak sempurna. Rencana kita terbatas. Walaupun mungkin kita sudah memikirkan dan memasukkan semua hal yang dapat kita pikirkan, kita tidak mengetahui hal yang akan terjadi esok hari.

Hanya Tuhan yang mengetahui dengan persis yang akan terjadi pada masa depan. Jadi kalau memang Tuhan mengubah rencana Anda, taatlah.

2 Timotius 3:1: Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.Hal yang perlu kita lakukan berkaitan dengan masa depan adalah tetap rencanakan masa depan sambil kita serahkan pensil dan penghapus kita pada Tuhan untuk menghapus atau menambahkan hal yang menurut-Nya terbaik.

2. Matius 6:34: Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

Menghadapi sesuatu yang tidak jelas, menghadapi sesuatu yang serba tidak pasti, jelas membuat kita takut dan kuatir. Pada saat harga dolar gonjang-ganjing sampai 20 ribuan, banyak orang yang jadi stress karena tidak menyangka akan jadi demikian.

Namun janganlah kita kuatir. Benar semakin hari tantangan yang kita hadapi tidak menjadi semakin ringan.

2 Timotius 3:1: Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.

Kita hidup di hari-hari terakhir, di akhir zaman. Semakin berat tantangan dan beban yang kita hadapi. Tapi Firman Tuhan itu adalah kata-kata Tuhan sendiri. Tuhan berkata kepada kita untuk jangan kuatir.

Bahkan saya pernah mendapatkan informasi terdapat 365 kata jangan kuatir dalam Alkitab. Berarti bila dirata-ratakan, setiap hari Tuhan mengatakan kepada kita untuk jangan kuatir. Hal yang begitu sering dibicarakan merupakan hal yang sangat penting.

Ingat: Tuhan adalah Allah yang berkuasa. Kalaupun dolar gonjang-ganjing, kalaupun harga saham jungkat-jungkit, kalaupun perekonomian tidak menentu, tapi ada satu jaminan yang pasti dalam Tuhan.

Yeremia 29:11: Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Ya, inilah janji Tuhan: memberikan kita hari depan yang penuh harapan. Ia adalah Allah yang setia. Ia tidak mengingkari janji-Nya. Oleh karena itu, jangan kuatir akan hari esok.

3. Amsal 19:20: Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan.

Menghadapi hal-hal yang belum kita ketahui tentu saja sangat menyulitkan. Bagi orang yang memiliki pengalaman tentu saja menghadapi hal-hal yang sudah sering dihadapinya tidak menjadi perkara yang terlalu sulit. Sebaliknya, bagaimana dengan hal-hal yang baru kita hadapi?

Kita perlu mendengar nasihat dan menerima didikan, baik yang langsung dari Tuhan (entah dari firman Tuhan, entah Tuhan memberikan informasi sendiri secara audible atau visual), maupun dari orang lain.

4. Amsal 24:14: Ketahuilah, demikian hikmat untuk jiwamu: Jika engkau mendapatnya, maka ada masa depan, dan harapanmu tidak akan hilang.

Untuk menghadapi hal yang tidak pasti di masa depan, kita perlu berhikmat. Ya, hikmat sangat penting untuk menghadapi ketidakpastian hari esok. Hikmat itu kita bisa peroleh dengan meminta dan awal dari hikmat adalah takut akan Tuhan.

Mazmur 111:10: Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya.

Matius 7:7: “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Jadi untuk menghadapi hari esok: mintalah hikmat dan milikilah hati yang takut akan Tuhan.

Jadi, siap melepaskan belenggu masa lalu?

Siap untuk mengisi masa sekarang?

Siap menghadapi masa depan?

Amin.

Iklan

Comments on: "Time (Trilogi-3)" (6)

  1. FB Comment from AG:
    Ya Hal yang boleh padam adalah HARAPAN
    yang kita tujukan pada TUHAN,
    thank’s kak
    God Blessing,,

  2. FB Comment from AWB:
    Kak, Ymnya kq g OL?mw tany2 nie soal Time yang ‘Future’

  3. FB Comment from EHC:
    kita siap menghadapi masa depan karena kita berjalan bersama Bapa, dan masa depan kita akan menjadi luar biasa ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: