All for Glory of Jesus Christ

Planning

Pembahasan hari ini berkaitan erat dengan pembahasan sebelumnya “Time (Trilogi-2&3)”. Pembahasan hari ini adalah “Planning” atau perencanaan. Di masa sekarang ini atau untuk di masa yang akan datang, kita sebagai manusia hidup di dunia ini harus merencanakan segala sesuatu.

Bahkan dalam pembahasan “Purpose, Vision, and Mission in Your Life (Trilogi-3)” telah dibahas untuk membuat target dengan kategori SMART. Bagi Anda yang belum membacanya silakan membacanya. Mengapa kita perlu membuat target? Mengapa kita perlu membuat rencana? Karena kalau kita tidak membuat target dan rencana, sulit bagi kita untuk mencapai tujuan hidup, visi, dan misi kita.

Negara kita memiliki rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Perusahaan juga memiliki rencana jangka pendek (operasional), jangka menengah, dan jangka panjang. Bagaimana dengan kita sebagai individu?

Terlepas dari apapun profesi kita, terlepas dari apapun yang kita lakukan, dalam hidup kita jelas perlu rencana. Jelas kita perlu membuat perencanaan.

Mazmur 33:11: tetapi rencana TUHAN tetap selama-lamanya, rancangan hati-Nya turun-temurun.

Lihat! Tuhan sendiri yang adalah Allah yang sempurna dan tanpa keterbatasan memiliki rencana. Tuhan membuat rencana. Masa kita sebagai manusia yang tidak sempurna tidak mau membuat rencana?🙂.

Amsal 24:6: Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.

Dalam Amsal 24:6 terlihat pentingnya perencanaan. Ibaratnya orang hendak berperang, tentu saja perlu membuat rencana. Apakah akan membawa meriam, amunisi, granat, dinamit dan seberapa banyak? Akan menggunakan pasukan pejalan kaki (infantry) atau pasukan berkuda (cavalry)? Akan menggunakan angkatan darat, laut, atau udara? Seberapa banyak?

Atau sebelumnya untuk pergi berperang, berapa lama latihan perang harus dilakukan? Apa rencana latihan yang harus disusun? Di mana latihan perang harus dilakukan? Siapa saja yang harus dilatih? Siapa saja yang harus dipilih?

Ya, semua itu butuh perencanaan. Selain itu diperlukan penasihat yang banyak dan andal. Hal yang sangat menarik ketika saya menonton film Red Cliff. Di sana diceritakan mengenai suatu sejarah Cina kuno, yaitu mengenai kisah 3 kerajaan (Samkok-Romance Three Kingdoms). Diceritakan mengenai seorang perdana menteri yang sewenang-wenang (Cao Cao) yang akan memegang kekuasaan luar biasa di kekaisaran. Kaisar pun tunduk kepadanya. Lalu diceritakan kerajaan lain berupaya untuk bertahan dan menghimpun kekuatan untuk melawan kesewenang-wenangan Cao Cao.

Hal yang sangat menarik adalah ketika masing-masing kerajaan menyadari mereka lemah, mereka menggalang rencana untuk menghimpun kekuatan. Sun Quan melalui Zhou Yu mengajak pihak Liu Bei bergabung. Lalu setelah bergabung, bersama-sama mereka menyusun rencana perang untuk dapat mengalahkan Cao Cao.

Karena Zhou Yu (dari pihak Sun Quan) merupakan ahli strategi perang dan Zhuge Liang (dari pihak Liu Bei) merupakan penasihat perang yang luar biasa, bersama-sama mereka merencanakan setiap rincian untuk menghadapi peperangan besar.

Bahkan ketika kurangnya amunisi berupa panah, Zhuge Liang membuat strategi mengecoh orang-orang Cao Cao sehingga akhirnya bias mengumpulkan 10.000 pucuk anak panah.

Begitu pula perencanaan berkaitan dengan memperkirakan arah angin, memperkirakan cuaca, semua diperhitungkan dengan teliti. Belum lagi ketika perencanaan mengenai manuver perang. Singkat cerita, akhirnya aliansi (persekutuan) kerajaan di bawah kepemimpinan Liu Bei dan Sun Quan, melalui peranan penting Zhou Yu dan Zhuge Liang dapat mengalahkan kekuatan besar Cao Cao.

Ini merupakan film yang sangat menarik. Saya menganjurkan Anda semua untuk menontonnya. Mengapa demikian? Karena ada beberapa alasan: dari segi pelajaran yang dapat ditarik banyak sekali, dari segi special efek juga menarik, dari segi gambar indah, dari segi musik enak didengar, efek film perang kolosal yang tertata rapi, nilai sejarahnya ada, bahkan karena durasi film cukup panjang maka benar-benar nikmat menonton film ini hahahahaa. Apalagi didukung aksi aktor dan aktris yang namanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Saya menonton Red Cliff 1 dan 2 di bioskop. Mungkin Anda bisa mencari DVD-nya

Dari film Red Cliff dan dari Amsal 24:6 jelas terlihat sangat dibutuhkan perencanaan dan penasihat yang banyak serta andal. Siapakah penasihat-penasihat kita? Satu: Tuhan sendiri yang melalui Roh Kudus yang ada dalam kita. Dua: hikmat yang Tuhan taruhkan dalam diri kita. Tiga: orang-orang yang takut akan Tuhan dan memiliki hikmat dari Tuhan. Empat: orang-orang dengan pengalaman dan pengetahuan yagn mendalam yang berkaitan dengan bidang yang kita butuhkan. Kesemuanya itu saling terkait satu dengan lainnya.

Sikap lain yang kita perlu untuk mengetahuinya adalah menyerahkan perencanaan kita ke dalam tangan Tuhan.

Yakobus 4:15: Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.”

Kita hidup harus dengan rencana. Kita tidak bisa hidup tanpa arah. Tapi, bila kita sudah menyusun rencana, entah daily, weekly, monthly basis (hari, minggu, bulan) bahkan dalam jangka 1 tahun ke depan, kita perlu menyerahkan rencana kita pada Tuhan. Doa:

“Biarlah rencanamu yang jadi dan bukan rencanaku.”

itu adalah harus menjadi doa kita semua. Jangan kuatir:

Roma 8:28: Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Kalau Tuhan merestui dan mendukung rencana kita, berarti memang rencana kita itu baik bagi kita. Kalau Tuhan mengubah rencana kita, itu berarti Ia bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.

Jadi, siap untuk membuat rencana dan menyerahkannya kepada Tuhan?

Amin.

Comments on: "Planning" (7)

  1. FB Comment from EHC:
    yup manusia memang perlu memiliiki rencana dalam hidupnya (masih belajar dalam hal ini :D) tapi kita tetap harus menyerahkannya kehadapan Tuhan ^^

  2. FB Comment from AG:
    Yap perencanaan yang baik adalah perencanaan yang mempersilakan Tuhan turut campur tangan dalam rencana kita,,
    thx bangat kak ,, note yang luar biasa
    semoga bisa menjadi berkat bagi banyak orang,,
    God Blessing,,

  3. FB Comment from CD:
    thx yah ..gw dr kmrn ngikutin trus…..tnx bgt makin ngebangun kpribadian gw aja

    • Oh baca terus ya? Gimana kalau g tag aja ya sekalian? Puji Tuhan, segala pujian hanya bagi Tuhan. G seneng kog kalau bisa memberkati. Thanks ya udah ke sini. Gbu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: