All for Glory of Jesus Christ

Pembahasan hari ini akan mengungkap satu rahasia sukses utama dalam bisnis dan pekerjaan. Apakah rahasia sukses itu? Apakah yang paling banyak modalnya? Apakah yang paling pintar? Apakah yang paling berpengalaman? Apakah yang paling luas jaringan sosialnya? Apakah yang paling gigih, tekun, ulet? Apakah yang paling jujur? Apakah yang bekerja paling keras?

Semua itu menunjang bagi tercapainya sukses, namun sesungguhnya ada satu kunci utama untuk sukses, yaitu hidup yang dituntun oleh Roh Kudus. Ya, Yang Maha Mengetahui segalanya itulah Roh Kudus, Roh Tuhan sendiri. Jika kita berada dalam tuntunan-Nya, apakah yang terjadi? Ya, sukses sudah di tangan!

Memang orang tanpa Tuhan pun bisa sukses, tapi sukses yang diperoleh dengan usaha yang jauh lebih besar daripada orang yang sungguh-sungguh mengandalkan Tuhan.

Amsal 10:3: TUHAN tidak membiarkan orang benar menderita kelaparan, tetapi keinginan orang fasik ditolak-Nya.

Amsal 10:6: Berkat ada di atas kepala orang benar, tetapi mulut orang fasik menyembunyikan kelaliman.

Kalau ada di antara Anda yang berkata, mengapa orang yang tidak kenal Tuhan malah lebih sukses? Jangan iri!

Amsal 4:14: Janganlah menempuh jalan orang fasik, dan janganlah mengikuti jalan orang jahat.

Amsal 4:19: Jalan orang fasik itu seperti kegelapan; mereka tidak tahu apa yang menyebabkan mereka tersandung.

Bisa saja saat ini orang yang tak kenal Tuhan itu sukses, tapi kesuksesan macam apa dulu yang dimilikinya? Sukses sejati atau sukses semu? Karena hanya dalam Tuhan, kita bisa memperoleh sukses sejati.

Nah dalam pembahasan-pembahasan terdahulu sudah dibahas mengenai Roh Kudus. Saya akan membagikan cerita dari teman saya mengenai temannya. Temannya teman saya ini bergerak dalam bidang saham. Ketika harga saham sedang mengalami krisis (sebelum lebaran lalu), banyak orang yang bermain di bidang saham stress, bahkan saya dengar ada manager investasi saham yang bunuh diri.

Mengapa demikian? Saham yang biasanya stabil pergerakannya, tiba-tiba bisa jatuh harganya. Ini sungguh di luar perkiraan manusia. Siapa yang dapat menduga harga saham bisa jatuh sedemikian rupa? Sampai-sampai kalau saya tidak salah mengingat, BEJ (Bursa Efek Jakarta) saat itu diliburkan 2 atau 3 hari karena jatuhnya harga saham.

Namun ternyata temannya teman saya ini memegang 2 saham dan 2 saham ini nilainya malah naik. Luar biasa bukan? Memang orang ini dari segi penguasaan ilmu, strategi, dan modal cukup baik, tapi kunci suksesnya bukan itu. Ia mengandalkan Tuhan. Saya baru mendapat cerita ini tadi malam dari teman saya.

Kemarin pagi di kendaraan travel ayah saya memberitahukan kepada saya mengenai bangkrutnya General Motors. Ayah saya mengetahui hal itu dari surat kabar yang dibagikan secara gratis oleh perusahaan travel yang kami gunakan kemarin. Padahal General Motors itu merupakan perusahaan besar yang biasanya menjadi percontohan di buku-buku teks yang saya pernah baca.

Akibatnya dua belas ribu karyawan mengalami kehilangan pekerjaan. Lihat! Perusahaan yang begitu besar ternyata juga tidak tahan menghadapi goncangan krisis. Saat ini memang kelihatannya Tuhan sedang menggoncangkan sendi-sendi dan dasar-dasar dari segala sesuatu.

Kalau kita berpegang pada hal-hal yang tergoncangkan, kita akan kecewa. Saat hal-hal tersebut benar-benar bergoncang, kita kehilangan tempat kita berpegang. Sebaliknya jika kita berpegang pada hal yang tidak akan dapat digoncangkan, yaitu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka kita tidak akan dapat digoncangkan.

Matius 6:33: Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Amsal 10:30: Orang benar tidak terombang-ambing untuk selama-lamanya, tetapi orang fasik tidak akan mendiami negeri.

Kembali saya akan menuliskan cara-cara untuk dipenuhi Roh Kudus. Hal ini saya dapat dari kotbah pendeta yang lain lagi. Memang tema di gereja saya pada bulan-bulan ini adalah mengenai Roh Kudus, jadi pembahasan mengenai Roh Kudus dikupas tuntas di sana.

Nah demikianlah cara supaya dipenuhi Roh Kudus:

  1. Memiliki pengertian yang benar: tanpa Roh Kudus mustahil hidup berkemenangan (mustahil mengalami sukses sejati).
  2. Memiliki kesediaan: haus dan rindu untuk mengalami kepenuhan Roh Kudus.
  3. Memiliki iman: bahwa Tuhan akan membuat diri kita mengalami kepenuhan Roh Kudus.
  4. Menerima Roh Kudus: dengan cara membuka hati dan secara aktif melakukan tindakan sesuai dorongan Roh Kudus.

Ya, kotbah dari tiga pendeta yang berbeda di gereja saya, namun memiliki kesesuaian dan saling melengkapi satu dengan lainnya. Luar biasa memang kerja Roh Kudus! Kalau Roh Kudus bisa membuat suatu jalinan kotbah yang luar biasa semacam itu, kalau Roh Kudus bisa membantu saya dalam menulis, Roh Kudus yang sama juga bisa membantu Anda dalam apapun yang Anda kerjakan: dalam bisnis dan pekerjaan Anda.

Permasalahannya adalah: apakah Anda mengizinkan Roh Kudus menuntun Anda? Apakah Anda lebih suka mengizinkan diri Anda yang bekerja tanpa tuntunan-Nya dan membiarkan Ia di belakang? Pilihan ada di tangan Anda.

Amin.

(Footnote:
Thanks to “Kevin” Cahyadi Tanujaya for sharing the story about your friend. Gbu.)

Iklan

Comments on: "In Holy Spirit’s Guidance" (6)

  1. FB Comment from DHK:
    Sukses sendiri artinya apa? Berhasil belum tentu sukses jdi tolong jelasin yah yg disebut sukses itu sendiri apa menurut pengertian yg ringan2 ajah kalo berat kepalanya gak bisa muat he he 🙂

  2. FB Comment from DHK:
    Wah kalo penjelasan suksesnya yakni melakukan yg terbaik sesuai dgn peran,fungsi dan tugasnya dah cukup jelas,
    jadi meski org itu dicap gak berhasil sama org laen namun dia telah menjalankan sesuai fungsi dan tugasnya saya rasa org ini patut… dihargai atas usahanya tsbut jadi dia sudah sukses
    bener kan san ?
    Kini aku dah tau gmn ukuran sukses tsbut meski org itu pandai namun gak pernah jalankan perannya maka dia belumlah sukses gitu tah contohnya
    gut gut gut…
    Xie xie yah …
    And wan an
    zai jian da da dah …
    Ye su ti ai ché shè mèi li ….
    A m 3 n.

  3. FB Comment from EHC:
    tanpa Holy Spirirt kita tidak akan mampu menghadapi badai hidup ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: