All for Glory of Jesus Christ

Alkoholik

Hari ini saya akan membahas mengenai alkoholik. Alkoholik merupakan suatu kebiasaan meminum minuman beralkohol dan dalam jumlah banyak. Sifatnya mirip dengan narkoba yang dapat menyebabkan ketagihan.

Pertanyaannya adalah sungguhkah kita tidak boleh meminum minuman beralkohol? Jawabannya adalah boleh, tapi dalam kadar dan takaran yang tidak berlebihan.

1 Korintus 11:25: Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!”

Tuhan Yesus saja minum anggur hahahaa, jadi jelas kita boleh minum anggur. Untuk minuman beralkohol lainnya tidak disebutkan di dalam Alkitab. Jadi amannya ya minum anggur saja. Untuk yang lain-lain kemungkinan karena berbeda kebudayaan maka pada zaman Tuhan Yesus hidup tidak disebutkan.

Efek minum minuman beralkohol secara rutin dalam dalam jumlah yang banyak itu bisa menyebabkan kehilangan kesadaran (mabuk). Dari sini, saya memperoleh informasi mengenai dampak positif minuman beralkohol, juga dampak negatifnya jika diminum secara berlebihan.

Dampak positifnya jika diminum dalam dosis rendah (1-2 sloki kecil) sehari dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Akan tetapi di dalam artikel tersebut dikatakan tidak baik untuk meminum minuman beralkohol setiap hari karena dapat menimbulkan efek ketagihan.

1 Timotius 5:23: Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

Dampak positif air anggur telah dicatat pula oleh Rasul Paulus dalam suratnya kepada Timotius, yaitu pada 1 Timotius 5:23, yaitu baik bagi pencernaan dan demi kekuatan tubuh. Di sana juga dituliskan bahwa dosis yang tepat untuk mengonsumsinya adalah sedikit. Jadi kalau Anda yang menggunakan ayat ini untuk minum minuman beralkohol secara berlebihan jelas Anda salah alamat.

Untuk negara-negara yang memiliki empat musim, terutama pada musim dingin, minuman beralkohol peranannya cukup penting, yaitu untuk menghangatkan tubuh. Jelas tetap berlaku bahwa tidak boleh minum secara berlebihan.

Dampak negatif minum minuman beralkohol disebutkan dalam artikel yang telah saya sebutkan sebelumnya, yaitu hipertensi (tekanan darah tinggi), gagal jantung, kanker saluran cerna, impotensi, kemandulan, keguguran dan kecacatan janin, serta kerusakan otak-sistem saraf. Juga termasuk di dalamnya adalah ketagihan.

Jika Anda termasuk orang yang sulit atau tidak bisa mengendalikan diri, saya sarankan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Bukan apa-apa karena kalau memang termasuk orang yang sulit mengendalikan diri, dari yang sedikit bisa berangsur-angsur menjadi banyak. Akibatnya mabuk.

Di Alkitab banyak sekali dicatat kasus kebejatan moral dan kejatuhan karena mabuk. Oleh karena itu kita perlu belajar untuk menghindari jatuh ke lubang yang sama.

Efesus 5:18: Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

Secara spesifik ditulis jelas dalam Efesus 5:8 supaya kita tidak mabuk oleh anggur. Dalam hal ini juga termasuk di dalamnya minuman-minuman beralkohol lainnya. Intinya jangan sampai mabuk karena memang saat mabuk bisa menimbulkan hawa nafsu.

Selain itu juga, jika Anda ingat cerita film “Marrying the Mafia” yang saya ceritakan di “Cerita Perjalanan Bagian-16 (12 Juli 2009)” persoalan dimulai ketika dua tokoh utama di film tersebut, yaitu Jin-Kyung dan Dae-Suh mabuk sehingga hilang kesadaran.  Jangan sampai hal yang sama menimpa Anda!

Lalu bagaimana jika ada teman atau orang terdekat Anda yang mengatakan pada Anda untuk tidak minum minuman beralkohol?

Roma 14:21: Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu yang menjadi batu sandungan untuk saudaramu.

Nah, jangan sampai karena masalah makanan dan minuman kita menjadi batu sandungan bagi orang lain.

1 Korintus 14:17: Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

Ingat ayat di 1 Korintus 14:17. Jangan sampai karena hal yang bukan merupakan hal yang hakiki, kita menjerumuskan orang lain. Dalam hal ini adalah mengenai minum minuman beralkohol. Juga bila ada yang meminum minuman beralkohol karena ingin melupakan masalah itu juga tidak benar.

Kedamaian serta sukacita sejati tidak ditimbulkan oleh minuman beralkohol, tapi oleh Roh Kudus yang ada dalam kita. Jika mabuk, mungkin saat mabuk akan lupa semua masalah tapi saat bangun semua masalah tetap ada.

Jika ada teman atau orang terdekat kita mengatakan bahwa ia tidak meminum minuman beralkohol hargailah dia. Sementara itu jika ada teman atau orang terdekat kita yang minum minuman beralkohol tapi tidak berlebihan, itu juga perlu dihargai. Intinya adalah tidak sampai mabuk dan tidak berlebihan. Jadi di sini kita perlu melihat hal-hal yang bersifat fundamental dan tidak.

Bagi yang menjadi alkoholik (pencandu minuman beralkohol), mari berhenti. Bagi para alkoholik saya tidak menganjurkan mengurangi, karena biasanya akan berangsur-angsur bertambah dosisnya. Jadi lebih baik berhenti.

Tidak ada yang tidak bisa jika Anda mau. Jika Anda mau tapi tidak sanggup, Anda bisa minta bantuan orang-orang terdekat Anda, bahkan Anda bisa minta bantuan Dokter dari segala dokter: Tuhan Yesus. Tapi jika Anda tidak mau, tidak ada yang bisa membantu Anda.

Jadi siap bebas dari alkoholisme?

Amin.

Iklan

Comments on: "Alkoholik" (2)

  1. FB Comment from ASP:
    “Alkoholik merupakan suatu kebiasaan meminum minuman beralkohol dan dalam jumlah banyak.”
    berarti klo dikit2 mah gpp ya c. hahaha

    • Dikit gpp kog tapi kalau ga bisa ngendaliin diri jangan, soalnya tar jadi ketagihan n biasa kalau udah ketagihan ya gitu deh, alamat minum banyak, plus mabok, plus ya efek sampingnya dah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: