All for Glory of Jesus Christ

Luceat Lux Vestra

Luceat Lux Vestra artinya adalah let your light shine (biar terangmu bersinar). Inilah panggilan hidup kita semua.

Untuk membuat terang itu dapat bersinar jelas pertama-tama kita perlu punya sumber terang itu dulu. Bagaimana kita bisa bersinar jika tidak punya sumber terang itu? Tentu langkah pertama kita perlu menerima Kristus Sang Terang itu dalam hati kita, menerima-Nya sebagai juru selamat pribadi kita, dan mau masuk dalam hidup yang baru: hidup dalam pertobatan, hidup yang diubahkan.

Setelah itu, perjalanan hidup kita yang baru dimulai. Setelah Sang Terang itu kita miliki, kita dapat berjalan dengan tenang karena kita tahu kita tidak pernah sendiri lagi.

Permasalahannya adalah dalam hidup kita, banyak peristiwa yang terjadi. Entah yang baik, entah yang buruk, semua hal yang terjadi hanya karena seizin Tuhan. Mudah sekali pada saat semua hal yang baik terjadi, kita bersinar. Bersinar artinya kita menunjukkan pada dunia bahwa inilah Tuhan yang telah berkarya dalam hidupku.

Semua orang juga mudah melakukan hal itu kalau memang sedang dalam kondisi baik-baik saja. Mudah sekali untuk berkata:

“Betapa Tuhan baik. Betapa Dia hebat. Betapa Dia ajaib.”

Ya, mudah sekali untuk memancarkan terang, jika memang kondisi kita sedang baik-baik saja, sedang di puncak, atau dapat mengatasi segala sesuatu. Bagaimana jika kita sedang berada dalam lembah kegelapan? Bagaimana jika kita berada dalam masalah yang menekan kita?

Luceat Lux Vestra. Let your light shine. Biar terangmu bersinar. Justru pada saat kita berada dalam lembah kegelapanlah, saat itu kesempatan untuk lebih bersinar. Ya, dalam lembah kegelapan, kita sangat butuh terang. Dalam menghadapi berbagai persoalan yang menekan diri kita, kita sangat butuh terang itu.

Justru dalam kondisi terberat, saat itulah kesempatan untuk memperlihatkan terang kita. Kalau dalam kondisi enak, senang, bahagia, sehat; semua orang mudah sekali berkata positif dan baik. Justru dalam kondisi tidak enak, sedih, tertekan; itulah saatnya kita menunjukkan suatu perbedaan.

Kita tak pernah sendiri. Dalam apapun yang terjadi, kita tak pernah sendiri. Allah begitu mengasihi manusia, begitu mengasihi kita. Sebegitu dalam kasih-Nya sampai rela untuk mengambil rupa seorang manusia, menderita sengsara sampai mati demi menebus dosa manusia. Ya, demi Anda dan saya.

Setelah itu, tidak berhenti sampai mati, Ia yang adalah Allah, bisa bangkit mengalahkan maut, dan bahkan sebelum kembali ke Surga, Tuhan Yesus menjanjikan Penolong: Roh Kudus, Roh-Nya sendiri, Roh Allah, untuk menyertai kita. Kita tak pernah sendiri. Selalu ada Roh Kudus beserta kita. Selalu ada Roh Kudus untuk membantu kita bersinar.

Dalam kondisi apapun, ingatlah selalu: luceat lux vestra. Rasul Paulus pernah berkata bahwa dalam kelemahanlah ia merasa kuat karena dalam saat ia lemah, kuasa Allah dinyatakan dengan sempurna.

Ya, saat kita lemah dan tak berdaya, saat itulah Allah dapat bekerja dengan luar biasa: membuat kita tetap bersinar. Justru momentum itulah saat-saat yang paling luar biasa dalam  hidup kita. Mengapa?

Karena justru saat kita lemah tak berdaya dan tahu bahwa bukan kita yang bisa membuat diri kita bersinar. Tapi karena kuasa Allah, ya hanya semata kuasa Allah yang memungkinkan kita tetap bersinar, tetap maju, tetap tak menyerah dalam menghadapi apapun.

Bagikan terang itu. Jangan simpan bagi diri Anda sendiri. Bagikan pada orang-orang yang membutuhkan. Itulah panggilan kita semua: menjadi terang. Membawakan terang bagi orang-orang yang membutuhkan.

Siapakah yang membutuhkan terang hari ini? Luceat lux vestra. Let your light shine. Biar terangmu bersinar.

Comments on: "Luceat Lux Vestra" (1)

  1. Allah yg tertulis di Alkitab adalah ALLAH Yang Maha Dahsyat, mau turun menjadi manusia biasa. Pribadi yang luar biasa, pencipta langit dan bumi termasuk petir-petir yang menggelegar, mau mendamaikan anda dan saya dengan diriNYA sendiri agar kita SELAMAT dan mendapat HIDUP KEKAL di Surga oleh Kasih Karunia Nya saja.

    SUNGGUH TIDAK TERBAYANGKAN..SUNGGUH TIDAK TERSELAMI JALAN-JALANNYA..
    APA YANG ALLAH BAPA PERBUAT UNTUK HIDUP MANUSIA YANG BERDOSA INI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: