All for Glory of Jesus Christ

Berbuat Baik Selamanya

Berbuat baik itu hukumnya wajib. Benarkah demikian? Tidak, tentu saja. Dalam segala sesuatu yang kita perbuat, kita memiliki pilihan, entah akan melakukannya atau tidak melakukannya.

Judul topik ini diambil dari kata-kata Latin berikut: fac fortia et patere (do brave deeds and endure). Lakukan hal-hal yang berani/besar dan bertahanlah di sana. Saya memperluas hal ini dalam berbuat baik, berbuat benar, berbuat hal yang besar; dan tidak hanya berhenti dalam berbuat tapi mempertahankannya.

Ada pepatah berbunyi:

”Merebut dan membangun itu mudah, tetapi yang sulit adalah mempertahankannya.”

Membentuk kebiasaan baru: berhenti merokok, berhenti mabuk, berhenti berjudi, berhenti dalam menikmati pornografi, berhenti boros, dan sejumlah hal yang lain mungkin itu hal yang relatif sulit bagi sejumlah orang yang memang sudah membentuk kebiasaan di dalamnya.

Akan tetapi, pada saat mereka mengambil keputusan untuk berhenti ternyata tidak sesulit yang mereka bayangkan. Hanya saja hal yang lebih sulit adalah untuk mempertahankan. Jika Anda biasa boros dan lalu Anda dalam waktu 1 minggu berusaha untuk boros, itu hal yang baik. Tetapi pertanyaannya: bisakah Anda tidak boros untuk seterusnya?

Jika Anda perokok, mungkin sulit untuk berhenti. Tetapi begitu Anda berhenti merokok, Anda bertemu dengan teman-teman yang merokok lainnya. Aroma asap roko terasa begitu menggoda. Bisakah Anda bertahan untuk terus tidak merokok?

Anda merasa jatuh bangun dalam dosa. Anda bertekad untuk bertobat dengan sungguh-sungguh. Selama seminggu Anda tidak jatuh bangun dalam dosa, tetapi kemudian Anda merasa lelah, sendirian, dan dosa terasa begitu menggoda. Bisakah Anda bertahan terus?

Jawabannya adalah: BISA! DAPAT! PASTI MAMPU! Ya, jangan pernah Anda mendengarkan bisikan sang Iblis yang sangat sukacita membisikkan bahkan meneriakkan pada Anda bahwa Anda tidak bisa, Anda tidak dapat, dan Anda tidak mampu.

Itu semua adalah kebohongan besar. Anda BISA. Anda DAPAT. Anda MAMPU. Apalagi Roh Allah ada di dalam Anda. Siapa yang dapat membuat Anda berkata sebaliknya?

Jawabannya: ANDA sendiri! Andalah yang menyabotase semua usaha keras, semua tekad yang ada. Jangan biarkan diri Anda melemah. Kalaupun daging (tubuh) Anda lemah, roh Anda itu kuat. Jadi jangan biarkan tuntutan daging itu menang.

Saya sangat tertarik dengan yang saya baca di buku “Maximize Your Potential” yang ditulis oleh R Ian Seymour. Dikatakan di sana untuk bertahan dalam membentuk kebiasaan baik diperlukan MADE IT 28 (Made A Determine Effort, Invest it for 28 days).

Jadi dikatakan untuk membuat usaha yang bersungguh-sungguh dan penuh tekad selama 28 hari. Setelah itu perpanjang lagi, terus dan terus sampai Anda memiliki kebiasaan baru.

Saya akan membuat pola yang lebih singkat lagi MADE IT 1. Jadi pertahankan untuk satu hari setiap kali. Jika Anda mulai merasa lelah berbuat baik, berbuat benar, berbuat hal yang besar; coba pertahankan sehari saja. Ketika keesokan harinya Anda ingin menyerah, coba pertahankan sehari saja.

Ketika pengulangan telah terjadi, akan lebih mudah untuk bertahan. Setiap kali berkata “Satu hari lagi”, setiap kali berkata “Satu hari lagi”; tanpa sadar Anda akan melewati satu minggu, dua minggu, sebulan, dan seterusnya.

Berbuat baik, berbuat benar, berbuat hal yang besar itu memang tidak mudah. Itu adalah pilihan yang kita buat dengan sadar setiap harinya. Saat kita memilih dengan sadar untuk melakukan hal itu, kita akan dibentuk untuk menjadi orang baik, orang benar, dan orang besar.

Saya menantang Anda untuk menembus batas: berbuat baik, berbuat benar, dan berbuat hal yang besar setiap hari. Siap berlomba?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: