All for Glory of Jesus Christ

Dia Ada

Artikel hari ini diinspirasikan dari kata-kata berikut ini: vocatus Deus aderit atau jika yang panjangnya adalah vocatus atque non vocatus Deus aderit. Artinya adalah: called and not called, God will be present atau called and even not called, God approaches.

Saya jadi teringat pembicaraan saya dengan seorang teman sekian waktu yang lalu. Saat itu pembicaraan mengenai dewasa rohani dan teman saya mengatakan demikian:

“Tuhan itu ada, tetap akan ada walaupun kita berdosa.”

Saya tergelitik dengan kata-kata teman saya itu. Ketika saya pikirkan itu memang benar. Dia ada dan tetap ada. Saya akan mengambil diri saya supaya mudah dibayangkan.

Ketika seorang Archaengela berdosa, ia kehilangan kemurahan Allah. Ia menjauh dari Allah. Ia kehilangan damai sejahtera. Ia menjauh dari kebenaran Allah.

Pertanyaan saya: jika Allah tidak ada atau menjauh saat saya berdosa, lalu bagaimana saya bisa kembali kepada-Nya? Karena saat saya dalam keadaan berdosa, saya hanya mengikuti keinginan daging saya. Segala yang buruk itu yang saya lakukan. Apa yang saya ketahui harus saya lakukan, malah bukan itu yang saya lakukan.

Nah, pertanyaannya kembali: jika Allah pergi ketika saya berdosa, berarti kasian sekali diri saya bukan? Sudah pasti akan musnah. Ya, karena upah dosa adalah maut. Akan tetapi, Tuhan itu ada dan selalu ada; karena memang Ia adalah kasih.

Ada satu email yang saya dapatkan dari seorang teman. Menarik juga emailnya jadi akan saya bagikan kepada Anda. Kurang lebih isinya sebagai berikut:

Di sebuah pulau terdapat semua perasaan di sana. Ternyata pulau itu akan tenggelam sehingga akhirnya dibuatlah sebuah perahu. Sayangnya ego tidak mau pergi, sementara kasih tidak mau pergi jika ego tidak pergi. Semua perasaan yang lain meminta kasih meninggalkan ego. Tetapi, kasih tidak mau meninggalkan ego. Akhirnya kasih mati karena ego.

Saat kita berdosa, Tuhan tidak meninggalkan kita. Roh Kudus yang ada dalam kita berduka saat kita berdosa. Itu sebabnya ketika kita berdosa, kita tetap merasa ingin kembali. Karena memang Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, seberapa bejatnya dan jahatnya kita Allah tetap mengasihi kita.

Ah saya jadi terharu karena ketika mengetikkan hal ini, lagu di Itunes saya adalah liriknya “Tuhan Yesus setia”. Karena Ia setia, Ia tidak meninggalkan kita. Bahkan saat akan kembali ke Surga, Ia meninggalkan Roh Kudus, Roh Allah, Allah itu sendiri bagi kita.

Betapa besar kasih-Nya akan kita. Sebegitu besarnya sampai-sampai seperti di cerita email tadi, kasih mati karena ego. Tuhan adalah kasih dan saat kita mengikuti ego kita, keakuan kita, kedagingan kita: untuk berdosa dan menjauhkan diri dari-Nya, Ia tetap tidak meninggalkan kita.

Malah Ia mencari kita. Memanggil kita kembali. Menuntun kita untuk pulang ke jalan-Nya. Ia rela sengsara, bahkan mati untuk kita. Karena Ia terlalu mengasihi kita, itulah sebabnya Dia ada untuk kita.

Salah satu dari 5 bahasa kasih yang dituliskan oleh Garry Chapman adalah kehadiran. Kehadiran Allah dalam hidup kita sebagai tanda bahwa Ia mengasihi kita. Jika saat ini Ia mengetuk hati Anda untuk kembali kepada-Nya, jangan keraskan hati Anda.

Seburuk apapun perbuatan yang telah Anda lakukan, semengerikan apapun dosa yang telah Anda kerjakan; kasih-Nya tetap tersedia bagi Anda. Dia ada, membuka tangannya, untuk menerima Anda kembali ke dalam pelukan-Nya, ke dalam naungan-Nya.

Bersediakah Anda menanggalkan ego untuk membiarkan kasih tetap hidup? Bersediakah Anda kembali pulang ke dalam tangan-Nya yang terbuka bagi Anda dan meninggalkan dosa-dosa Anda di belakang? Dia ada untuk Anda, selalu ada.

Mari kita menembus batas ego kita, keakuan kita, kedagingan kita, dan dosa-dosa kita untuk mau menerima undangan-Nya untuk kembali.

Comments on: "Dia Ada" (2)

  1. seneng banget dapat membaca renungan dari sini,trims ya,,,

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

