All for Glory of Jesus Christ

Berjalan

Berjalan merupakan suatu hal yang sehat dilakukan. Berjalan merupakan suatu bentuk olahraga yang masih dapat dilakukan setelah orang menginjak usia lanjut sekalipun. Setiap hari kita berjalan dalam kehidupan ini, melewati kehidupan, melalui kehidupan.

Sebuah contoh klasik mengenai orang yang berjalan adalah Bangsa Israel yang berjalan di padang gurun untuk mencapai tanah terjanji (Kanaan). Dari Mesir mereka berjalan, berjalan, dan terus berjalan.

Hal yang sangat menarik ternyata walaupun mereka mengalami berbagai hal, Tuhan tetap melindungi mereka. Menjaga mereka, tidak membiarkan mereka kelaparan ataupun kehausan, juga tidak membiarkan mereka kepanasan atau tersesat.

Kalau dipikir-pikir berjalan bersama Tuhan memang penuh dengan kejutan. Terkadang Tuhan seolah membiarkan sekejap mata kita mengalami sesuatu yang buruk, seperti juga yang dialami Bangsa Israel. Mereka mengalami juga lapar dan haus. Hanya saja, Tuhan tidak pernah tinggalkan mereka.

Tuhan berikan mereka makanan dan minuman. Penyediaan, perlindungan, dan penyertaan Tuhan selalu melingkupi hidup mereka. Hanya saja sayang sekali walaupun begitu, mereka selalu melihat ke belakang saat berjalan. Mereka rindu Mesir. Mereka rindu hal-hal yang sudah mereka tinggalkan.

Bahkan walaupun Allah sudah menyertai, melindungi, dan memberkati mereka; itu ternyata tidak cukup bagi mereka. Mereka tetap rindu Mesir, bahkan dewa-dewanya. Saya membayangkan, bagaimana perasaan Tuhan saat itu?

Bangsa kesayangannya, yang Ia jaga dengan segenap hati, yang Ia sertai, lindungi, berkati, jaga, pelihara; ternyata malah berpaling kepada dewa-dewa yang sia-sia. Ah, sakit! Sakit sekali pasti perasaan Tuhan saat itu.

Tetapi Tuhan memang setia, apapun yang terjadi Tuhan tidak meninggalkan umat-Nya. Dalam berjalan bersama-Nya, Bangsa Israel walaupun mengalami tulah demi tulah karena ketidaksetiaannya, akhirnya dapat sampai juga di Kanaan.

Dalam berjalan tentu saja akan ada banyak tantangan. Mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan, hal-hal yang membuat cemas, kuatir, takut, mengalami ketidakpastian demi ketidakpastian; itulah yang akan kita hadapi.

Hanya saja kita harus terus berjalan. Kalau saat ini kita ada di Mesir, kita harus berjalan terus untuk masuk ke padang gurun. Apakah sekarang ini Anda sedang berjuang untuk mengatasi kebiasaan buruk? Apakah sekarang ini Anda sedang berjuang untuk mengalahkan dosa? Berjalanlah terus, jangan menoleh ke belakang dan berhenti.

Kalau kita sekarang ini ada di padang gurun, kita harus berjalan terus untuk sampai Kanaan. Jika Anda sedang berjuang mengatasi kebiasaan buruk, ini akan menjadi masa-masa terberat Anda. Anda akan tergoda untuk berhenti mengatasi kebiasaan Anda dan kembali ke kebiasaan lama Anda.

Apakah ada dosa yang sekarang ini ingin Anda kalahkan dan lepaskan? Berjalanlah terus, jangan menoleh ke belakang. Ketahuilah bahwa kematian Kristus dan kebangkitan-Nya dari alam maut telah memberikan Anda kuasa yang Anda perlukan untuk mengatasi dosa.

Jangan mau lagi diiming-imingi oleh nikmatnya dosa. Jangan mau lagi diintimidasi oleh Iblis bahwa Anda tidak layak dan tidak mampu untuk lepas dari kuasa dosa. Kuasa Iblis telah dipatahkan, maka dari itu Anda akan mampu mengalahkan dosa apapun yang bercokol dalam diri Anda. Berjalanlah terus, jangan menoleh ke belakang.

Apakah Anda sekarang sedang merasa kering dan hampa? Berjalanlah terus. Mintalah Roh Kudus untuk memenuhi Anda senantiasa. Saya akan menuliskan suatu rumusan sederhana namun ampuh. Untuk bisa disegarkan selalu, bacalah selalu firman Tuhan dan renungkan. Setelah itu ingat-ingatlah akan pengalaman Anda di masa lalu bersama Tuhan.

Saya sendiri tidak selalu setiap hari dalam keadaan bersemangat dan berapi-api. Terkadang saya juga masuk ke keadaan setengah bersemangat, bahkan juga masuk ke keadaan kering. Saat itu, Tuhan selalu mengingatkan saya, entah lewat renungan harian, entah lewat lagu, entah lewat kejadian apapun; bahwa Ia selalu bersama saya.

Tuhan yang sama pula itulah yang juga akan mengingatkan Anda bahwa Ia selalu bersama Anda. Allah yang luar biasa itulah Tuhan yang kita miliki. Bahkan, saat saya sedang mengetikkan hal ini, judul lagu yang diputar di iTunes saya adalah “Aku Diberkati”.

Saya merasa setiap kali berjalan bersama Dia, selalu ada hal-hal baru yang terjadi. Bahkan di tengah rutinitas kehidupan saya, Ia entah dengan satu atau dua cara, bisa membuat sesuatu yang unik. Bahkan saya masih bisa hidup saat ini saja, itu sudah merupakan mujizat Tuhan.

Selama kita masih mau berjalan bersama-Nya, tidak ada yang terlalu berat untuk dipikul. Tidak ada yang terlalu sulit untuk dilewati. Tidak ada yang terlalu mengerikan untuk dihadapi. Anda akan sanggup menghadapi segala perkara jika Anda mau berjalan terus bersama-Nya.

Untuk menutup artikel hari ini, marilah kita berdoa:

Bapa yang baik, terima kasih untuk kesetiaan-Mu yang mau terus berjalan bersama kami di sepanjang hidup kami. Bapa, dalam setiap kondisi yang kami hadapi setiap hari, kami mau datang kepada-Mu selalu. Segala sesuatu adalah ringan, mudah, dan dapat kami atasi jika kami tetap berjalan bersama-Mu.

Bapa, ajar kami untuk tetap setia apapun yang terjadi. Karena hidup kami adalah milik-Mu, menjadi milik-Mu adalah suatu hak yang sangat istimewa. Pakai kami, Tuhan, dalam setiap hal yang Tuhan tanamkan dalam diri kami untuk senantiasa memuliakan nama-Mu dan menyenangkan hati-Mu.

Sebab Engkaulah tujuan hidup kami, dalam Engkaulah kami menemukan kepenuhan dan keutuhan diri kami. Terima kasih Tuhan, untuk mau selalu berjalan bersama kami. Dalam nama Yesus kami telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: