All for Glory of Jesus Christ

Cinta Ditolak

Salah satu resiko yang sangat jelas dalam upaya memperjelas posisi dalam hubungan adalah ditolak. Cinta ditolak itu memang tidak mengenakkan. Memang kita perlu berhikmat dalam setiap langkah yang kita ambil.

Bagi para pria, jika memang sudah terlihat sangat jelas bahwa si dia tidak menyukai Anda, maka tidak perlulah untuk menyatakan perasaan lagi. Karena kemungkinan besar Anda akan ditolak.

Ada juga yang menyatakan perasaan hanya untuk membuat lega. Yah kalau ini kasusnya jelas walaupun ditolak, tapi tidak akan timbul reaksi yang negatif dalam diri Anda bukan?

Sebenarnya cinta ditolak itu bukan hal yang aneh. Wajar-wajar saja. Jika si dia tidak memiliki perasaan yang sama dengan Anda atau kalaupun memiliki perasaan yang sama tetapi memiliki berbagai pertimbangan sehingga memutuskan untuk menolak Anda, itu sebenarnya adalah hak yang bersangkutan.

Permasalahannya adalah terletak pada harapan yang sudah dimunculkan di dalam hati. Di Amsal ditulis jelas pesan kepada kita semua, yaitu jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Hati yang sudah terlanjur berharap, jelas bila harapan tersebut tidak diperoleh akan terasa kecewa, sedih, dan sakit. Semakin besar harapan yang ditanamkan dalam hati, semakin besar peluang terjadinya kekecewaan, kesedihan, dan perasaan sakit dalam hati.

Itu sebenarnya suatu hal yang wajar dan manusiawi. Perasaan itu merupakan suatu yang normal terasa demikian. Hanya saja yang terpenting adalah cara kita menyikapi perasaan tersebut.

Hari ini saya membaca buku yang berjudul “Change Your Thinking Change Your Life” yang ditulis oleh Brian Tracy. Di sana ditulis perbedaan antara orang negatif dan orang positif.

Orang negatif adalah orang yang menganggap suatu kegagalan sebagai suatu generalisasi. Sementara orang positif adalah orang yang menganggap kegagalan sebagai suatu hal yang sementara.

Jika cinta Anda ditolak, sikap hati Anda sangat menentukan reaksi dan tindakan Anda. Jika sikap hati Anda negatif, mungkin Anda akan merasa bahwa diri Anda tidak layak, buruk, dan rendah. Padahal ini tidak benar.

Sikap hati yang positif akan membantu Anda untuk berjalan kembali. Jika cinta ditolak, berarti itu hanya kegagalan sementara. Masih banyak wanita lain yang bisa Anda dekati. Jangan karena cinta ditolak, kemudian Anda jadi putus asa dan putus harapan. Apalagi akhir-akhir ini saya mendengar ada kasus-kasus karena cinta ditolak, lalu bunuh diri. Astaga!

Dunia ini luas. Terdapat berbagai peluang di dalamnya. Untuk urusan cinta, juga demikian. Jika Anda ditolak oleh satu wanita, berarti mungkin dia bukan orang yang tepat untuk Anda.

Kalau demikian, tentu saja Anda akan menghabiskan waktu, pikiran, dan tenaga Anda bila berkutat dalam memikirkan alasan ditolak. Kalaupun misalnya memang si dia mengutarakan bahwa ia menolak Anda karena alasan karakter, ini bisa jadi masukan bagi Anda di kemudian hari.

Berarti sesungguhnya jika dilihat dari sisi yang lain, ditolak ini sesuatu yang baik juga efeknya bagi orang dengan sikap hati positif. Mengapa demikian? Karena dengan ditolak, yang bersangkutan dapat introspeksi dan memacu dirinya untuk menjadi lebih baik lagi.

Mungkin bagi para wanita ada yang sudah memberikan tanda-tanda bahwa Anda menyukai sang pria. Hanya saja ternyata sang pria tidak menggubris hal itu atau malah ternyata mendekati wanita lain.

Jika ini kejadiannya berarti cinta Anda ditolak. Baik bagi pria, atau bagi wanita, cinta yang ditolak sama-sama tidak mengenakkan. Kalau sudah menyangkut rasa, bagi pria atau wanita sama saja.

Walaupun wanita katanya lebih mengedepankan perasaan, saya lihat tidak selalu demikian. Ada juga wanita yang lebih mengedepankan logika. Jadi hal ini sifatnya tidak bisa dipukul rata alias digeneralisasi.

Masalah mengedepankan rasa atau logika, ini tergantung individu. Entah Anda termasuk kelompok tertentu, saya tidak tahu. Hanya saja jika cinta ditolak, bersikaplah realistis.

Wajar untuk merasa sedih. Wajar untuk menangis. Wajar untuk kecewa. Wajar untuk merasa sakit. Ya semua itu wajar saja. Tapi janganlah biarkan rasa itu berlarut-larut di dalam hidup Anda, apalagi sampai mengendap di dalam hati Anda. Hal yang paling mengerikan jika sudah menjadi kepahitan dan trauma.

Satu kejadian efeknya bisa hanya temporal (sementara), tapi bisa juga berefek lama bahkan permanen. Hal ini tergantung dari cara pandang kita dan keputusan kita. Saya yakin tidak ada yang merasa gembira jika cintanya ditolak, baik pria ataupun wanita.

Hanya saja sisanya tergantung dari diri Anda. Jika Anda membiarkan diri Anda berlarut-larut dalam kesedihan dan kekecewaan, akhirnya adalah Anda akan menyia-nyiakan hidup Anda. Padahal jika Anda tidak bergelimang dalam pusaran air kesedihan dan kekecewaan, Anda akan dapat produktif melakukan ini dan itu.

Sayang sekali bukan? Diperlukan suatu sikap tegas untuk memutuskan bahwa ya itu adalah fakta bahwa cinta Anda ditolak dan bahwa Anda tetap akan baik-baik saja dengan fakta itu. Diperlukan juga suatu keputusan untuk bangkit dari keterpurukan Anda karena cinta yang ditolak.

Keputusan yang tepat lahir karena pilihan yang tepat. Pilihan yang tepat lahir karena sikap hati yang tepat. Sikap hati yang tepat timbul karena cara pandang dan pemikiran yang benar.

Oleh karena itu sangat tepatlah yang dikatakan oleh Rasul Paulus kepada umat di Roma, yaitu: janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Dengan pembaharuan budi, kita akan dapat membedakan kehendak Allah dalam hidup kita. Jika cinta ditolak, bukankah Tuhan hanya akan mengizinkan sesuatu yang baik terjadi dalam hidup setiap anak-Nya? Berarti ada kemungkinan memang si dia bukan orang yang tepat untuk Anda.

Dihindarkan dari memiliki pasangan yang salah, bukankah itu sesuatu yang baik? Kemungkinan kedua jika cinta ditolak, bisa jadi memang belum tiba waktunya. Ada kemungkinan setelah tiba waktu yang tepat, cinta Anda akan mencapai sasarannya.

Dalam kemungkinan kedua, jika Anda memiliki sikap hati yang tepat dan melakukan introspeksi diri, bisa jadi Anda akan dapat lebih bersinar lagi. Jadi peristiwa ditolak ini bisa jadi menjadi titik awal untuk mengasah diri Anda menjadi lebih baik dalam segi karakter dan kemampuan; tentu saja jika memang Anda melihat peristiwa cinta ditolak sebagai sesuatu yang positif.

Jadi ingatlah, cinta ditolak tidak berarti dunia kiamat. Cinta ditolak tidak berarti dunia berakhir. Bisa jadi dunia berakhir, kalau memang Anda memutuskan begitu. Hanya saja, jika itu yang Anda pilih, sayang sekali karena itu adalah suatu pilihan yang bodoh.

Masih banyak pria yang lebih berkualitas. Masih banyak wanita yang lebih berkualitas. Jadi, jangan sampai cinta ditolak lalu bunuh diri. Hidup tidak selalu penuh dengan kesuksesan semata. Hanya saja jika kita bisa melihat sisi lain dari setiap kegagalan, termasuk dalam cinta yang ditolak; maka kita akan dapat menikmati hidup dalam kedalaman yang berbeda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: