All for Glory of Jesus Christ

Rahasia Pasangan

Memiliki hubungan dengan seseorang dalam bentuk berpacaran berarti Anda akan mengenal seseorang itu dengan lebih baik. Mengenal dengan lebih baik berarti Anda akan tahu kelebihan dan kelemahannya.

Biasanya seorang kekasih akan tahu diri Anda lebih banyak daripada orang lain. Yah, tentu saja kecuali jika memang dalam berpacaran Anda berdua saling menutupi diri Anda yang sebenarnya.

Tetapi pada umumnya jika memang kedua belah pihak saling terbuka dan membiarkan pasangannya mengenal dirinya, maka akan terjalin suatu pengertian akan diri sesungguhnya pasangannya. Permasalahannya adalah dalam pacaran tidak selalu semua berjalan mulus.

Saat terjadi konflik dalam berpacaran dan Anda membutuhkan seseorang untuk berbicara, termasuk mengenai rahasia pasangan Anda lalu bagaimana? Berpacaran tidak berarti Anda hanya menjalin hubungan dengan kekasih Anda saja. Anda juga tetap harus memiliki hubungan dengan sahabat-sahabat Anda tentunya.

Sebenarnya hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan jika Anda ingin bercerita kepada sahabat atau kepada orang lain mengenai diri pasangan Anda? Jika Anda sedang dalam kondisi senang dan bahagia dalam hubungan Anda, kemungkinan besar memang yang Anda ceritakan adalah hal-hal yang baik.

Bagaimana jika Anda sedang dalam kondisi kesal, marah, dan kecewa dengan pasangan Anda? Kira-kira kepada siapakah atau hal-hal apakah yang Anda dapat katakan berkaitan dengan rahasia pasangan Anda?

Mengenai orang yang dapat Anda ceritakan, ada dua pilihan. Pertama adalah orang yang Anda kenal baik dan Anda tahu benar bahwa yang bersangkutan dapat menjaga rahasia. Jika memang orang tersebut mengenal pasangan Anda juga, pastikan bahwa dirinya merupakan orang yang obyektif menilai suatu kondisi.

Hal yang kedua yang dapat Anda pilih adalah seseorang yang tidak mengenal pasangan Anda, tetapi cukup mengenal Anda dan memang dapat menjaga rahasia. Kemampuan dalam menjaga rahasia ini memang sangat penting karena entah orang yang Anda ceritakan itu mengenal atau tidak mengenal pasangan Anda, jika hal yang Anda ceritakan sampai didengar oleh orang lain, setidaknya Anda bisa kehilangan kepercayaan kepada orang tersebut.

Akibat lebih buruk lagi adalah jika hal itu sampai didengar oleh pasangan Anda dan malah menimbulkan konflik yang baru. Lebih-lebih lagi kalau konflik itu malah memperburuk atau merusak hubungan Anda.

Dalam hal ini memang diperlukan hikmat untuk memilih orang yang tepat. Bahkan saat Anda sedang dalam keadaan sangat emosi, ada baiknya untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Dalam keadaan sangat emosi, kadang-kadang tindakan kita lebih didorong oleh faktor perasaan daripada pemikiran yang jernih.

Hal ini sangat berbahaya, terutama jika Anda mengatakan atau melakukan hal-hal yang kurang baik. Rahasia pasangan, entah Anda dalam kondisi emosi atau tidak perlu dijaga dengan baik. Jangan sampai karena emosi, Anda membeberkan rahasianya sehingga akhirnya akan membuat pasangan Anda kehilangan kepercayaannya kepada Anda.

Jangankan oleh pasangan, jika rahasia Anda dibeberkan oleh sahabat atau keluarga Anda, pasti Anda pun tidak senang bukan? Sama saja jika hal yang sama dilakukan oleh Anda kepada pasangan Anda.

Selain pemilihan orang yang tepat untuk bercerita, Anda perlu memilih dan memilah dengan tepat mengenai hal-hal yang perlu diceritakan dan yang memang tidak perlu diceritakan. Jika memang hal tersebut merupakan rahasia pasangan Anda dan tidak relevan untuk diceritakan, jelas tidak perlu diceritakan kepada siapapun.

Kalaupun hal tersebut relevan untuk diceritakan, pastikan bahwa memang Anda yakin benar bahwa hal tersebut memang sangat penting untuk diceritakan. Jika memang Anda tidak yakin, walaupun hal tersebut relevan lebih baik tidak diceritakan.

Bahkan ada baiknya jika permasalahan Anda terkait dengan rahasia pasangan yang sangat penting, Anda dapat menuliskannya dalam suatu file, lalu setelah merenungkannya Anda dapat menghapus file tersebut.

Terkadang inti dari menceritakan suatu masalah adalah untuk membuat diri merasa lega. Jadi jika hal ini berkaitan dengan rahasia pasangan Anda dan Anda perlu merasa lega untuk suatu masalah yang terkait dengan hal itu, Anda dapat mencari jalan keluar dengan menuliskannya dan merenungkannya, setelah itu menghapusnya.

Jika memang Anda sedang mencari jawaban untuk suatu permasalahan yang terkait dengan rahasia pasangan Anda, dengan jalan menuliskannya itu sebenarnya Anda sedang membuat suatu sistematika berpikir dan biasanya jika Anda berpikir sambil menulis, Anda akan menemukan jawaban atau solusi dari permasalahan Anda ketika selesai menulis. Anda dapat menghapus file tersebut setelahnya.

Salah satu unsur mengasihi adalah menutupi segala sesuatu, termasuk di sini adalah rahasia dari pasangan yang memang tidak perlu semua orang ketahui. Tidak perlu saat Anda mengalami konflik dengan pasangan, lalu semua orang mengetahui hal tersebut bahkan sampai mengetahui rahasianya yang paling kecil.

Mengasihi berarti menjaga pasangan kita dan menyadari bahwa ia adalah seseorang pribadi utuh dengan kelemahannya juga. Justru dengan kelemahan itu, di sanalah peran Anda sebagai penolong diasah dan dibentuk, yang salah satunya adalah dalam bentuk menjaga rahasianya dan berhikmat dengan hal itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: