All for Glory of Jesus Christ

Pacaran

Dua hari yang lalu di suatu forum saya membaca mengenai seseorang yang mempertanyakan mengenai perlukah pacaran pada usia awal 20-an? Seingat saya, saya sudah pernah membahas mengenai pacaran ini dalam artikel terdahulu. Hanya saja pertanyaan yang keluar di satu forum itu membuat saya tergelitik untuk kembali membahas hal tersebut dengan cara yang lain.

Setiap orang yang memang dilahirkan dengan dorongan untuk berkeluarga pasti akan merindukan untuk memiliki seorang pasangan hidup. Keinginan seorang lajang untuk memiliki seorang kekasih adalah sesuatu hal yang sangat wajar. Lalu kapankah waktu berpacaran yang tepat?

Menjawab pertanyaan yang dilontarkan seseorang tersebut, pacaran memang perlu. Hanya saja pertanyaan yang paling penting itu bukan masalah usia di awal 20-an adalah usia yang tepat atau tidak. Hal yang lebih mendasar adalah tujuan, fungsi dan kesiapan untuk berpacaran tersebut.

Tujuan berpacaran adalah menemukan seorang pasangan hidup yang dapat melakukan 3 fungsi, untuk menjadi seorang pendamping seumur hidup. Ketiga fungsi tersebut adalah sebagai tuas pengungkit, sebagai cermin, dan sebagai pasangan sarung tangan. Berikut ini penjabaran ketiga fungsi tersebut:

1. Fungsi sebagai tuas pengungkit.
Jika Anda ingat pelajaran Fisika di SMP, tuas pengungkit adalah batang yang berfungsi untuk mengangkat sesuatu. Tanpa adanya tuas pengungkit, jika harus mengangkat suatu benda diperlukan gaya yang lebih besar. Dengan adanya tuas pengungkit, maka diperlukan gaya yang lebih kecil.

Sebagai tuas pengungkit, peran seorang pasangan hidup adalah sebagai penolong. Dengan berpacaran maka akan dapat saling membantu mencapai visi dan misi yang dimiliki. Menggunakan analogi tuas pengungkit, jika seorang diri katakanlah membutuhkan segenap kemampuan untuk mencapai visi dan misi yang ada. Sementara dengan adanya seorang pasangan yang menolong, katakanlah diperlukan hanya sebagian besar kemampuan.

2. Fungsi sebagai cermin.
Sebagai cermin, peran seorang pasangan hidup adalah sebagai seorang pengingat. Jika pasangan Anda melakukan suatu kesalahan, sebagai cermin peran Anda untuk mengingatkan dirinya. Menggunakan analogi cermin, jika seorang diri saja mungkin Anda tidak terlalu sadar akan kesalahan yang Anda lakukan. Dengan adanya seorang kekasih, Anda dapat introspeksi mengenai hal yang Anda lakukan.

3. Fungsi sebagai pasangan sarung tangan.

Sarung tangan saat dijual adalah sepasang. Saat digunakan juga sepasang: sisi kanan dan sisi kiri. Jika salah satu sisi tidak ada, bisa jadi fungsi perlindungan terhadap tangan itu terganggu.

Sebagai pasangan sarung tangan, peran seorang pasangan hidup adalah sebagai teman yang menemani dan melindungi. Menjalani hidup seorang diri tanpa teman di samping Anda itu suatu hal yang sangat sulit. Kehadiran seorang kekasih yang dapat menemani dan melindungi ini akan sangat membantu Anda untuk mencapai visi dan misi Anda.

Permasalahannya adalah untuk memenuhi ketiga fungsi ini diperlukan suatu kesiapan tersendiri. Untuk bisa menjadi tuas pengungkit, cermin, dan pasangan sarung tangan; tentu saja diperlukan suatu kebesaran hati untuk melihat bahwa pasangan kita sebagai orang yang lebih penting. Padahal setiap orang memiliki suatu dorongan dalam dirinya untuk menganggap diri sendiri sebagai yang paling penting. Untuk menjalankan ketiga fungsi ini, diperlukan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, materi, dan terutama ego.

Jadi, jika kembali ke pertanyaan awal: perlukah seorang di awal usia 20-an berpacaran? Jawabannya adalah: ya, jika memang orang tersebut telah memiliki tujuan, fungsi, dan kesiapan untuk berpacaran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: