All for Glory of Jesus Christ

Memulai Hari dengan Mie

Seperti yang saya sudah ceritakan dalam artikel sebelumnya, 1,5 bulan yang lalu saya menjalani pengobatan yang mengharuskan saya untuk berpantang sejumlah makanan, yaitu (daftar ini saya ambil dari selebaran pantangan makanan yang saya dapat untuk melengkapi pengobatan yang saya jalani): segala jenis daging-dagingan (ayam, sapi, kambing, dll), segala jenis ikan-ikanan (ikan air tawar/laut), makanan berlemak tinggi, vetsin/MSG, makanan mengandung pengawet (mie instant, makanan/minuman kaleng), semua jenis telur, lobak putih, tape (yang mengandung ragi), sejumlah jenis buah: anggur, durian, nanas, nangka, lengkeng dan salak, dan susu full cream/mengandung lemak tinggi.

Anjuran makanan yang boleh saya konsumsi adalah: buah-buahan, sayur-sayuran, kacang hijau, tempe/tahu yang tidak mengandung pengawet, air putih kualitas baik minimal 10 gelas/hari, susu kedelai/low fat. Ah, ini makanan-makanan yang tidak terlalu menjadi kesukaan saya.

Bagaimana rasanya harus menjalani 1,5 bulan ini? Waw ‘nikmat’ sekali hahahaa. Semua hal yang saya sukai, tidak boleh saya makan. Hal-hal yang saya kurang sukai, itu yang boleh saya makan. Lebih lagi ketika saya membaca di satu artikel di internet bahwa teh juga jika diminum secara rutin memiliki efek untuk membentuk batu ginjal, padahal saya suka sekali jasmine tea. Memang artikel yang saya baca membahas mengenai es teh manis. Tapi pembahasannya mengacu kepada zat yang ada di dalam teh itu sendiri.

Huhuhu, sedih sekali rasanya. Padahal biasanya ritual saya di pagi hari saat di kantor adalah membuat jasmine tea. Aroma dan kehangatannya membuat saya merasa rileks dan nyaman sekali.

Hal yang membuat saya lebih tersiksa adalah saya tidak boleh makan makanan yang paling saya sukai: mie. Huhuhuhuhu, rasanya benar-benar tersiksa. Menahan diri untuk tidak memakan mie, benar-benar berat bagi saya. Rasanya kalau saya tidak boleh memakan semua makanan yang saya sukai tidak apa-apa, asalkan saya masih boleh memakan mie. Kenikmatan memakan mie pun diambil dari saya.

Kalau Anda ingin tahu makanan yang saya makan setiap harinya selama 1,5 bulan ini, silakan baca di artikel lain yang akan saya tuliskan karena saya sudah mencatat semuanya di sebuah buku. Bahkan saya sudah menuliskan tanggal sampai akhir 3 bulan, karena awalnya diberitahukan pengobatan ini sampai 3 bulan. Ternyata 1,5 bulan berpantang sudah cukup. Puji Tuhan!

Malam kemarin, begitu saya tahu bahwa saya sudah sembuh, saya merobek 1,5 bulan tanggal yang saya sudah tuliskan di buku tersebut yang tadinya akan saya gunakan untuk menuliskan daftar makanan yang saya makan setiap harinya. Saya menyimpannya di sampul dalam buku tersebut, sebagai pengingat akan kebaikan dan kuasa Tuhan yang menyembuhkan saya.

Pagi ini orang tua saya menanyakan kepada saya mengenai makanan yang saya ingin makan. Segera tanpa ragu saya menjawab:

“Mieeeeee!”

Jadi, saya memulai hari ini dengan memakan makanan kesukaan saya. Rasanya inilah mie terenak di dunia. Inilah mie kemenangan setelah berhasil melewati 1,5 bulan yang panjang.

Bahkan yang menarik, saya tadi membaca di internet ternyata dari penelitian lain di sini diungkap bahwa teh memiliki khasiat yang luar biasa. Berbagai manfaat teh terutama karena kandungan zat polifenol yang dimilikinya. Manfaat-manfat tersebut, yaitu: meliputi: anti oksidan, anti radiasi, anti mutasi gen, anti tumor, menekan pertumbuhan sel tumor, anti peningkatan kolestrol, menekan pemrosesan bentuk tumor, menekan kanker payudara yang tumbuh spontan, menghambat aktivitas enzim, anti peningkatan kolestrol, anti peningkatan tekanan darah, anti peningkatan kadar gula darah, anti koreng, anti bakteri, anti virus, dan deodoran (penghilang bau)

Membaca hal itu saya pikir, kelihatannya lebih banyak manfaatnya daripada kerugiannya. Jadi, saya pikir saya bisa kembali memulai ritual pagi saya dengan membuat jasmine tea hangat yang harum hahahahaa. Senangnya!

Ketika saya meninjau kembali pelajaran selama 1,5 bulan ini, saya belajar bahwa:
1. Ternyata ketika semua kenikmatan makanan yang saya sukai diambil dari saya, saya mendapati bahwa saya justru bisa menikmati makanan-makanan yang tadinya saya tidak terlalu sukai.
2. Saya mendapatkan manfaat (efek samping) menguntungkan, yaitu turunnya 6 kg berat badan saya yang saya tidak duga sama sekali.
3. Saya belajar untuk mengendalikan diri untuk tidak memakan makanan-makanan yang saya sukai, sehingga akibatnya saya merasa lebih sehat.
4. Walaupun terdapat efek samping yang tidak menyenangkan, yaitu turunnya tekanan darah saya sampai ke tekanan 90 yang kadang-kadang menyebabkan saya mengalami pandangan gelap ketika baru bangun dari duduk, saya bersyukur kepada Tuhan yang memberikan saya kekuatan dan kesehatan sehingga tidak mengalami pingsan atau hal-hal yang lebih buruk.
5. Saya bersyukur bahwa saya lebih beruntung dibandingkan orang-orang yang bahkan tidak mampu untuk makan makanan yang saya tidak terlalu sukai. Saya bersyukur bahwa saya masih mampu makan 3 kali sehari bahkan kalau saya mau lebih dari itupun saya masih mampu. Saya sangat bersyukur.

Sungguh rencana Tuhan adalah rencana yang ajaib. Di dalam Dia tidak pernah ada kebetulan. Hal yang menurut manusia adalah keburukan, kepedihan, kesakitan, musibah, dan kecelakaan; sesungguhnya dalam perspektif Tuhan tidak selalu demikian. Sungguh benar bahwa:

“Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28)

Doaku hari ini: Terima kasih Tuhan untuk pembelajaran selama 1,5 bulan yang cukup berat ini. Walaupun berat, semuanya ini indah pada waktunya. Terima kasih Tuhan. Engkau sungguh amat baik.

Dalam setiap apapun yang Engkau izinkan terjadi dalam hidupku, semua itu sungguh amat baik adanya. Aku bersyukur buat pengalaman 1,5 bulan ini. Sungguh Engkau adalah Allah yang luar biasa! Terima kasih Tuhan untuk segalanya.

Amin.

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

