All for Glory of Jesus Christ

Value Added

Value added artinya adalah suatu nilai yang ditambahkan ke dalam sesuatu sehingga akhirnya membuat sesuatu ini menjadi bertambah kegunaannya. Hari ini saya terinspirasi oleh seorang rekan kerja saya sehingga saya menuliskan artikel ini.

Rekan kerja saya adalah orang yang sangat baik. Saya mengetahuinya berangsur-angsur dalam kurun waktu 7 tahun. Jadi begini, ketika 7 tahun lalu saya tidak memperoleh pekerjaan yang saya sangat idam-idamkan, beliau mengirimkan sms kepada saya. Isinya adalah memberikan dorongan kepada saya untuk menanyakan alasan saya tidak diterima.

Saat itu saya sedang dalam keadaan sangat terpukul dan perhatian yang tulus dari beliau membuat saya terharu. Waktu berjalan dan 6 tahun kemudian, beliau memberitahukan informasi bahwa terdapat kesempatan untuk mendaftar bagi suatu pekerjaan. Saya sudah mengetahui informasi itu, tapi saya sangat menghargai hal yang beliau sampaikan itu.

Waktu berjalan lagi, dan 1 tahun kemudian beliau dengan tulus menawarkan saya untuk melakukan sesuatu yang dapat membantu jenjang karir saya. Saya sangat terharu akan ketulusan beliau. Saya tahu sebenarnya beliau sangat mampu untuk melakukan hal itu sendirian tanpa meminta saya ikut serta di dalamnya. Ternyata beliau meminta saya ikut serta dengan tujuan membantu saya.

Berkaitan dengan hal yang akan kami kerjakan bersama, saya mengikuti kelas beliau. Hari ini saya mengikuti kelas beliau untuk yang ke-3 kalinya. Saya belajar banyak sekali ketika mengikuti kelas tersebut.

Beliau memberikan sejumlah value added dalam pengajarannya. Value added pertama yang saya peroleh adalah kelas tersebut dilaksanakan dalam bilingual (dua bahasa: Bahasa Inggris dan Indonesia). Hal ini sangat baik untuk dilakukan dan saya perhatikan bahwa para mahasiswa yang berada di kelas tersebut juga menyambut hal tersebut dengan antusias.

Value added yang kedua adalah beliau memaparkan materi, baik dalam bentuk cara menggunakan perangkat lunak yang terkait, maupun algoritma/metode yang mendasari cara kerja perangkat lunak tersebut. Hal ini merupakan hal yang cukup sulit bagi saya. Untuk menjelaskan cara kerja perangkat lunak itu mudah. Hanya saja untuk menjelaskan alur berpikir perangkat lunak tersebut, itu tidak mudah.

Value added yang ketiga yang menurut saya merupakan value added terbesar adalah ketika beliau mampu mengaitkan antara materi dengan hal-hal di dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah untuk ditangkap oleh mahasiswa yang belum pernah mengerti akan materi itu sama sekali. Value added ketiga ini selain membuat mahasiswa lebih mudah menangkap materi tersebut, saya pikir juga membuat suasana kelas ini jadi lebih hidup dan lebih menarik.

Value added merupakan sesuatu yang berharga yang perlu terus kita tambahkan dalam kehidupan kita. Saya berharap saya juga bisa meneladani hal yang beliau ajarkan di kelasnya.

Doaku hari ini: Terima kasih, Tuhan, untuk mengajarkanku mengenai arti value added lewat kejadian hari ini. Bantulah aku, Tuhan, supaya aku sungguh menjadi orang yang selalu memberikan value added dalam apapun yang kulakukan. Terima kasih untuk setiap hal yang sudah Tuhan izinkan terjadi dalam kehidupanku. Aku percaya semua ini terjadi karena memang Tuhan ingin membentuk aku menjadi sesuatu yang indah di mata-Mu.

Amin.

(PS:
Pak Sani, you do a great job, Sir. Keep it up! You’re truly great lecturer and great person. I hope I can learn from you to give more value added in my class too. Thank you, Sir, for the opportunity to attend your class. It’s a very valuable personal and professional experience for me.)

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

