All for Glory of Jesus Christ

Balancing of Life

Sudah dari sekian hari lalu saya ingin menulis artikel ini. Hanya saja saya selalu tidak punya banyak waktu untuk menulis. Jadi hari ini saya akan menuliskan borongan alias sekian banyak hal yang akan saya tulis akan saya tulis dalam beberapa artikel sekaligus hahaha.

Saya bersyukur kepada Tuhan untuk penundaan waktu untuk menulis artikel ini karena memang dengan penundaan waktu ini, saya bisa menuliskan dengan lebih lengkap. Artikel pertama saya hari ini akan membahas mengenai keseimbangan hidup.

Beberapa hari ini saya merasa bernafas saja saya sulit. Terkejut? Prihatin? Ah, jangan kuatir! Tentu saja itu dalam arti kiasan hahahaa. Sehari-hari, apalagi minggu ini saya disibukkan dengan begitu banyak aktivitas sampai-sampai 24 jam rasanya tidak cukup hahahaha.

Kalau hari-hari umumnya, biasanya saya bangun sekitar pukul 5 atau lebih awal. Setelah melakukan semua ritual pagi saya di rumah, saya akan berangkat ke tempat kerja saya dan biasanya saya sampai sebelum pukul 7. Di tempat kerja saya akan kurang lebih menghabiskan waktu sampai sekitar pukul 16 atau pada akhir waktu mengajar saya di penghujung hari itu.

Setelah pulang ke rumah dan melakukan ritual sore, biasanya saya akan mulai dengan pelayanan saya, baik pelayanan lewat yahoo messenger, facebook, twitter, email, sms, ataupun lewat pelayanan saya di satu forum. Menulis juga saya lakukan di waktu sore dan malam itu. Lalu biasanya saya tidur pukul 21 atau sebelumnya.

Jika itu adalah hari-hari mengajar, biasanya saya akan bangun lagi pada tengah malam atau subuh hari untuk belajar dan memastikan hal yang akan saya ajarkan pada besok atau hari itu sudah saya kuasai dengan baik. Jadi, hari kerja adalah hari yang cukup melelahkan bagi saya karena biasanya saya hanya istirahat beberapa jam saja.

Jadi bagi sejumlah orang yang suka mengatakan:

“Wah enak ya kamu pulangnya bisa sore.”

Saya berharap orang-orang tersebut membaca artikel ini, karena sesungguhnya rumput tetangga selalu lebih hijau daripada rumput Anda hahahaha. Jika saja mereka tahu betapa sedikit waktu yang saya miliki untuk diri saya sendiri, mungkin mereka akan berpikir bahwa mereka lebih bersyukur karena memiliki banyak waktu untuk diri sendiri hahaha.

Tapi saya bersyukur kepada Tuhan karena di tengah segala kesibukan ini, Ia memberikan saya kekuatan dan kesehatan tubuh untuk menjalani semuanya dengan baik. Karena dalam hidup bukan hanya berisi pekerjaan dan pelayanan (itu bahkan hanya ada dalam prioritas nomor 3 dalam prioritas yang benar, yaitu setelah Tuhan dan keluarga dan teman-teman), saya harus menyeimbangkan hidup saya dengan hubungan saya dengan Tuhan serta hubungan saya dengan keluarga dan teman-teman saya.

Puji Tuhan, tempat kerja saya memiliki kebijakan 5 hari kerja. Itu sebabnya Sabtu dan Minggu adalah hari istirahat (walaupun dalam kenyataannya bukan hari istirahat juga karena sesungguhnya tidak pernah ada hari istirahat bagi saya hahahah) bagi saya untuk meluangkan waktu bersama keluarga dan teman-teman saya. Suatu kemewahan yang sulit saya dapatkan pada hari-hari kerja.

Pada hari kerja biasanya saya juga selalu menyalakan sarana komunikasi di kantor. Tentu saja saya membawa sarana komunikasi tersendiri supaya tidak menjadi batu sandungan. Karena jika saya menggunakan sarana di tempat kerja untuk kepentingan pribadi, saya kuatir nanti akan tidak memuliakan nama Tuhan. Karena bisa jadi nanti akan ada orang yang mengatakan bahwa saya menggunakan sarana kantor bukan untuk kepentingan pekerjaan, itu hal yang ingin saya hindarkan sebisa mungkin.

Jadi sambil saya bekerja, jika ada teman saya yang butuh teman bicara atau butuh teman mengobrol atau butuh nasihat, saya bisa melayani mereka juga. Saya sering merasa bersalah juga karena tidak bisa total mendengarkan mereka. Tentu saja kalau di tempat kerja, prioritas saya adalah bekerja. Untungnya teman-teman saya mengerti dengan baik hal ini. Puji Tuhan!

Pelayanan saya di WorldPrayr, suatu organisasi pelayanan dunia dengan misi menghubungkan dunia yang terluka ini lewat kasih Kristus, juga cukup menyita waktu saya. Saya baru bergabung sekitar 3 minggu seperti yang saya sudah ceritakan di beberapa artikel sebelumnya. Hanya saja di luar dugaan saya, dalam waktu sesingkat itu saya sudah diminta untuk menduduki posisi kepemimpinan yang cukup penting di sana.

Saya sungguh bersyukur kepada Tuhan untuk kepercayaan yang Ia berikan kepada saya. Hanya saja kepercayaan yang Tuhan berikan berarti juga tanggung jawab besar yang harus saya jalankan. Itu sebabnya sekarang ini saya hanya memiliki sedikit sekali waktu untuk diri sendiri. Saya sedang berdoa dan berpikir untuk cara mengatur waktu yang paling efisien dan paling efektif.

Saya sungguh bersyukur dengan pekerjaan dan pelayanan saya ini. Karena melalui pekerjaan dan pelayanan saya ini, Tuhan mengajari saya begitu banyak hal. Saya terutama sungguh-sungguh belajar mengenai manusia. Manusia merupakan unsur yang sangat kompleks dan Tuhan mengajarkan saya mengenai hal tersebut.

Saya juga sangat bersyukur untuk teman-teman baru dan keluarga baru yang saya temukan, baik di tempat kerja maupun di pelayanan. Mereka mendukung, mengoreksi, dan membuat saya berkembang lebih lagi. Ketidaksamaan pendapat, minat, dan pemikiran; sesungguhnya hal tersebut memperkaya saya juga secara langsung ataupun tidak langsung. Kesamaan pendapat, minat, dan pemikiran; itu juga menghangatkan hati saya.

Sungguh Tuhan itu luar biasa baik! Seorang sahabat baru yang saya miliki menjadi partner saya untuk berolahraga. Ya, olahraga! Sesuatu yang sudah bertahun-tahun tidak saya lakukan. Olahraga saya yang paling rutin adalah senam jari saja di depan notebook saya, plus senam otak setiap hari hahahaha.

Minggu ini adalah pekan Ujian Tengah Semester (UTS). Oleh karena itu, saya lebih punya waktu untuk melakukan ini dan itu walaupun tetap saja cukup banyak waktu yang harus saya habiskan untuk memeriksa pekerjaan para mahasiswa, baik tugas maupun ujian mereka.

Kemarin saya dan sahabat baru saya meluangkan waktu kami untuk berenang di satu tempat renang. Tempat renang itu sangat menyenangkan! Sepi karena tidak banyak pengunjung dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap pula! Saya bahkan mencoba jakuzi juga, sesuatu yang belum pernah saya coba sebelumnya. Ndeso ya saya? Hahaha.

Saya merasa sangat senang dan segar sesudahnya. Memang untuk keseimbangan hidup, olahraga itu penting sekali. Bukankah ada suatu peribahasa:

“Mensana in Corporesano”

atau terjemahannya adalah

“Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

Saya sudah mengira hari berikutnya pasti badan saya sakit semua karena sudah begitu lama tidak olahraga. Tetapi Puji Tuhan, badan saya tidak terlalu sakit seperti yang saya sudah duga sebelumnya! Memang sedikit sakit, tapi tidak sesakit seperti yang saya duga. Untung sekali sahabat baru saya mengingatkan saya untuk pemanasan dulu sebelum berenang. Jadi saya tidak mengalami sakit seperti yang dulu pernah saya alami ketika berolahraga sesudah sekian lama tidak berolahraga.

Ah, betapa hari-hari yang Tuhan beri ini sungguh hari-hari yang luar biasa. Pekerjaan, pelayanan, keluarga, dan teman-teman yang luar biasa yang Ia beri; semuanya itu adalah berkat terbesar dalam hidup saya. Bahkan konflik, masalah, sakit, penderitaan, kesedihan; itupun ketika Ia izinkan terjadi dalam hidup saya; semuanya sungguh mendatangkan kebaikan.

Doaku hari ini: Tuhan, bersyukur untuk setiap hari dan setiap hal yang Tuhan berikan dalam hidupku. Semua hal itu sungguh amat berharga bagiku. Dalam setiap apapun, ternyata Tuhan membantuku menjaga keseimbangan hidup. Haleluya, terima kasih, Tuhan.

Tuhan, berdoa untuk setiap orang yang membaca artikel ini. Semk.

Sungguh hidup di dalam Engkau adalah hidup yang tidak sia-sia! Kami bersyukur memiliki Allah yang luar biasa seperti Engkau. Selamanya kami mengasihi Engkau, Tuhan, dan selamanya kami milik-Mu.

Amin.

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

