All for Glory of Jesus Christ

Dua Jenis Orang

Lewat media internet, saya sudah cukup banyak berkenalan dengan orang-orang dari berbagai lapisan dengan berbagai latar belakang dan karakter. Ada beberapa orang yang datang kepada saya dengan masalahnya. Setelah saya berikan masukan dan kebenaran firman Tuhan, reaksi mereka terbagi dalam 2 kelompok besar.

Kelompok pertama adalah orang-orang yang tidak dengan segera mengiyakan, tapi perlahan-lahan mengiyakan lalu akhirnya melakukan firman Tuhan tersebut. Kelompok kedua adalah orang-orang yang dengan segera mengiyakan tapi dalam prosesnya berpikir sulit untuk melakukan firman Tuhan tersebut. Akhirnya akan datang lagi kepada saya dengan masalah yang sama, lagi dan lagi.

Kelompok pertama adalah orang-orang yang dalam perumpamaan yang diberikan oleh Tuhan Yesus dalam Matius 13:23 sebagai benih yang jatuh di tanah yang subur.

“Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.” (Matius 13:23)

Mereka tidak dengan segera menerima firman. Mereka mencernanya (merenungkannya) dulu, menerimanya, setelah itu mereka melakukan firman itu. Inilah orang-orang yang berkemenangan: mendapatkan jawaban atas masalah mereka, serta damai dan sukacita dari Tuhan (yang digambarkan dengan analogi dengan benih yang menghasilkan berlipat-lipat).

Sementara kelompok kedua adalah orang-orang yang dalam perumpamaan di Matius 13:20-21) sebagai benih yang jatuh di tanah yang berbatu-batu.

“Benih yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu ialah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira. Tetapi ia tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, orang itupun segera murtad.” (Matius 13:20-21).

Mereka dengan segera menerima firman tanpa mencernanya dulu. Seperti makanan yang perlu dicerna untuk menjadi energi dalam tubuh kita, itu juga yang harus dilakukan terhadap firman Tuhan.

Tuhan memberikan kita pikiran untuk kita gunakan, bukan untuk kita sia-siakan. Jika firman diberitakan dan itu lewat begitu saja tanpa kita cerna dan kita terima, sulit bagi firman tersebut untuk tertanam dalam pikiran kita.

Bagaimana bisa tertanam kalau dicerna saja juga tidak? Itu sebabnya kelompok orang kedua inilah yang paling suilt mendapatkan kemenangan. Mereka akan berkali-kali mengeluhkan hal yang sama, berdoa mengharapkan mujizat dan pertolongan Tuhan, tetapi tidak mendapatkan apapun.

Tuhan selalu ingin dan selalu bergerak untuk membantu setiap anak-Nya. Permasalahannya adalah anak-Nya yang sering kali tidak mau untuk bergerak meresponi hal yang Tuhan sudah sediakan.

Janganlah menjadi orang yang bebal! Orang bebal adalah orang yang diberitahu berkali-kali, menerima, tetapi tidak melakukan apapun berkaitan dengan hal itu. Jika seseorang tidak mengetahui hal yang harus ia lakukan dan tidak melakukan apapun, wajar sekali! Ya karena ia tidak mengetahuinya.

Hanya saja jika kita mengetahui kebenaran firman Tuhan, menerimanya, tetapi tidak melakukannya; kita menjadi orang yang bebal, menjadi orang yang bodoh, menjadi orang yang menipu diri sendiri.

“Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.” (Yakobus 1:22)

Jika Anda termasuk kelompok orang pertama, bersyukurlah dan pertahankanlah sikap hati Anda untuk terus menjadi pendengar, perenung, dan pelaku firman setiap harinya. Jika Anda termasuk kelompok orang kedua, bertobatlah! Anda tidak akan bisa hidup berkemenangan jika Anda TIDAK MAU mengubah pikiran Anda untuk MAU melakukan firman.

Melakukan firman Tuhan bukan masalah BISA atau TIDAK BISA, tetapi bicara masalah MAU atau TIDAK MAU. Jika Anda MAU, Anda pasti BISA. Jika Anda TIDAK MAU, ya jelas Anda TIDAK BISA.

Seperti kata mentor spiritual saya, Pak Bambang Widjaja:

“Dalam hidup terdapat banyak pilihan. Keputusan yang kita ambil menentukan hidup kita.”

Itu sebabnya, kalau hari ini Anda membaca artikel ini dan Anda merasa sebagai kelompok orang kedua, ambil keputusan untuk melakukan hal yang benar, untuk melakukan firman-Nya. Jangan lagi banyak alasan! Jangan lagi menunda-nunda untuk melakukannya! Lakukan sekarang juga!

Doaku hari ini: Tuhan, terima kasih untuk kebenaran firman-Mu. Terima kasih, terutama karena firman itu telah menjadi manusia dalam diri Kristus Yesus, Tuhan dan Juru selamat kami.

Berdoa bagi setiap orang yang membaca artikel ini ya, Tuhan. Kami berdoa supaya kami terus menjadi kelompok orang pertama yang akan mendengar, mencerna, menerima, dan melakukan firman-Mu secara penuh. Jadikan kami orang-orang yang radikal di dalam Engkau. Jadikan kami orang-orang yang tanpa kompromi melakukan kebenaran firman-Mu, apapun risikonya, apapun harganya.

Jika kami termasuk kelompok orang kedua yang mendengar, menerima firman tersebut dengan gembira, tetapi tidak pernah melakukannya, ampunilah kami, ya Tuhan. Kami mau mengambil keputusan untuk taat dan melakukan firman-Mu. Kami ingin meninggalkan kebebalan dan kebodohan kami. Kami ingin berhenti menjadi penipu diri sendiri.

Kami tahu bahwa kalau kami MAU, kami pasti BISA melakukan seluruh firman-Mu. Terlebih karena Roh Kudus-Mu memampukan kami untuk melakukan apapun juga, bahkan lebih dari yang Engkau sudah lakukan. Itu sebabnya kami mau mengambil keputusan untuk menjadi orang-orang yang mengalami kemenangan: melepaskan kebebalan kami dan menjadi pelaku-pelaku dari firman-Mu.

Terima kasih, Tuhan, buat kasih dan anugerah-Mu yang besar. Sungguh kami adalah orang yang berbahagia karena kami memiliki Engkau dalam hidup kami. Segala pujian, syukur, hormat, dan kemuliaan hanya bagi-Mu, Yesus, karena hanya Engkaulah yang layak untuk menerimanya dari dulu, sekarang, dan sampai selama-lamanya.

Amin.

Iklan

Comments on: "Dua Jenis Orang" (2)

  1. Ya..trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: