All for Glory of Jesus Christ

Sudah agak lama saya tidak menuliskan mengenai hal-hal yang terjadi di gereja saya. Yah apalagi sebabnya kalau bukan kesibukan saya yang menghalangi saya untuk menulis.

Nah, saya terpaksa mencuri-curi waktu di tengah segala kesempatan untuk dapat menuliskannya. Hmmm, saya benar-benar sangat berangan-angan untuk memiliki 1 minggu saja untuk bisa memiliki waktu luang untuk menuliskan segala ide yang mampir di kepala saya.

Ah, selama masih belum terwujud hal itu, saya pikir saya masih akan terus mencuri-curi waktu saja dalam setiap celah waktu yang saya miliki. Kalau saya harus menunggu sampai punya cukup waktu, saya tidak akan pernah punya cukup waktu untuk melakukannya.

Ya, jadi tulisan berikut ini merupakan ringkasan dari sekian banyak kegiatan yang terjadi di gereja saya. Saya sungguh bersyukur karena memang Tuhan bekerja dengan dashyat di gereja saya.

Beberapa minggu yang lalu tanpa saya inginkan, saya tahu-tahu melompat-lompat dengan sendirinya pada saat lagu pujian dinyanyikan. Hal ini cukup membuat saya kaget, karena kalau Anda cukup mengenal saya, saya sama sekali bukan orang yang ekspresif.

Pada minggu yang lain saat sedang menyembah Tuhan, saat saya mengangkat tangan saya, tidak lama kemudian ternyata tangan saya bergerak dengan sendirinya. Setelah beberapa saat, baru saya sadari bahwa tangan saya bergerak menurut birama tertentu, kalau tidak salah kelihatannya birama empat per empat.

Kemudian pada minggu lainnya lagi ternyata ketika saya berdiri, badan saya bergerak dengan sendirinya. Setelah saya perhatikan gerakannya memutar. Kalau yang teman saya katakan itu benar, berarti saya mendapatkan urapan keberanian untuk memberitakan Injil.

Saya benar-benar tidak habis pikir. Saya sangat kenal diri saya. Aslinya saya relatif cukup pemalu dan tidak ekspresif sama sekali. Ternyata Roh Kudus kalau sudah bekerja bisa mengubah total seseorang.

Saya juga perhatikan jemaat lainnya juga mengalami berbagai macam manifestasi Roh Kudus: ada yang menari, ada yang penuh sukacita, dan ada yang penuh semangat. Saya sangat bersyukur dan bersukacita karena pekerjaan-Nya yang dahsyat di gereja saya.

Hal yang mau saya garis bawahi dan tekankan di sini adalah manifestasi Roh Kudus bukanlah hal yang terpenting. Manifestasi Roh Kudus hanyalah cara untuk mengetahui bahwa urapan Roh Kudus terjadi.

Kalaupun tanpa manifestasi sekalipun, kalau Roh Kudus bekerja pasti akan mengubahkan hidup setiap orang. Jadi sekali lagi bukan manifestasinya yang terpenting.

Banyak cerita yang sampai ke saya tentang orang yang kelihatannya mengalami manifestasi Roh Kudus tapi ternyata hidupnya tidak berubah. Saya sangat sangsi bahwa yang bersangkutan sungguh-sungguh mengalami urapan Roh Kudus, walaupun yang bersangkutan kelihatannya mengalami manifestasi Roh Kudus. Sesungguhnya bukti nyata urapan Roh Kudus bukanlah di manifestasinya tapi di kehidupan sehari-harinya yang berbuah.

Justru ada cukup banyak orang yang kelihatannya begitu “penuh” Roh Kudus tapi malah jadi batu sandungan. Ini adalah suatu peringatan bagi kita untuk sangat berhati-hati, karena hal-hal yang terlihat di luar itu bisa mengecoh kita.

Hal yang lebih penting adalah kita semua bertumbuh dalam kebenaran-Nya, dalam firman-Nya, karena firman yang tertanam itu pasti akan mengubahkan hidup kita. Pikiran yang diubahkan seturut dengan kebenaran firman-Nya akan sungguh-sungguh membuat hidup kita mengalami transformasi, mengalami perubahan yang radikal.

Doaku hari ini: terima kasih, Tuhan, untuk urapan-Mu yang ditandai dengan berbagai manifestasi, tapi terlebih penting adalah kuasa yang menyertai-Nya. Saat Engkau hadir, kami yakin bahwa hidup kami tidak akan sama lagi.

Tuhan, terutama aku berdoa demi pertumbuhan iman kami seturut kebenaran firman-Mu. Jangan sampai kami hanya larut dalam emosi bahagia karena mengetahui pekerjaan-Mu di tengah-tengah kami. Kami terutama ingin mengalami pembaharuan budi dan pemikiran kami seturut kebenaran-Mu.

Pimpin kami senantiasa untuk hidup terus memandang Engkau, terus melakukan kehendak-Mu. Dengan demikian, hidup kami yang hanya satu kali ini di dunia menjadi hidup yang berarti.

Terima kasih, Tuhan, buat setiap hal yang Tuhan izinkan dalam hidup kami. Hal itu membawa kebaikan bagi kami. Segala pujian, hormat, dan kemuliaan hanya bagi-Mu, Yesus.

Amin.

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

