All for Glory of Jesus Christ

Sambal dan Kebaikan Tuhan

Beberapa minggu lalu, perut saya sempat bermasalah karena satu hal: sambal! Saya adalah penggemar berat sambal, itu sebabnya saya biasanya mengonsumsi sambal secara rutin.

Khasiat sambal sangat banyak. Karena mengandung vitamin C dalam jumlah banyak, sambal mengandung banyak zat antioksidan yang dapat mengatasi penuaan dini, kanker, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sambal juga mengandung zat capsaicin yang dapat meningkatkan selera makan. Jadi tidak heran kalau mengonsumsi makanan dengan sambal itu terasa lebih nikmat bagi para pecinta sambal.

Nah, sekian minggu lalu saya mengonsumsi satu jenis mie kesukaan saya ditemani sambal. Tak lama sesudah saya makan, perut saya mulai terasa sakit. Akhirnya saya mengeluarkan semua yang saya sudah makan di toilet.

Saya heran juga karena saya sudah sering makan mie tersebut dan juga dengan sambal yang sama. Saat itu saya berpikir bisa jadi sambalnya tidak baik lagi kondisinya. Tak lama dari itu, saya mulai berkeringat dingin dan badan saya mendadak tidak enak.

Itu sebabnya saya pulang cepat pada hari itu, padahal hari itu ada perayaan suksesnya akreditasi jurusan di tempat kerja saya. Ah, setidaknya saya tidak hadir bukan pada saat saya diharuskan bekerja. Kalau hanya untuk perayaan, tidak menjadi masalah kalau saya tidak hadir sekalipun.

Saat saya pulang ke rumah, saya sempat berpikir dan bertanya-tanya dalam hati:

“Apa rencana Tuhan berkaitan dengan sakit ini?”

Setibanya saya di rumah, orang tua saya menjadi heran sekali. Saya tidak pernah pulang siang hari. Kalau saya pulang ke rumah pukul 4 sore pun, mereka akan berkomentar mengenai betapa cepatnya saya pulang ke rumah. Ya, begitulah karena kedua orangtua saya juga sangat senang bekerja keras. Jadi, suatu hal yang aneh bagi mereka kalau saya pulang ke rumah lebih awal.

Saya langsung tidur siang itu dan baru terbangun sore harinya. Begitu bangun, badan saya terasa segar sekali. Saya saat itu langsung tahu bahwa ternyata kesempatan saya sakit itu adalah kesempatan bagi saya untuk beristirahat.

Memang biasanya pada hari kerja saya kurang beristirahat. Itu sebabnya saat mendapatkan kesempatan tidur dalam waktu lama saat saya sakit itu, saya sungguh menikmatinya.

Selain itu, kalau saya tidak dapat mengeluarkan makanan yang saya makan, bisa-bisa saya malah diare. Kalau sudah diare, biasanya memang lebih menyiksa dan lebih lama proses pemulihannya.

Keesokan harinya, saya mencoba mie lain dengan sambal lagi. Saya berpikir sambal mie kemarin yang kondisinya kurang baik.

Ternyata sesudah saya makan, kembali saya mengeluarkan makanan yang saya sudah makan tersebut. Saya berpikir lagi, bisa jadi ada yang tidak beres dengan lambung saya.

Untungnya di laci meja kerja saya sudah tersedia obat sakit maag. Jadi, tak lama dari saya meminum obat tersebut, saya dapat kembali bekerja seperti biasa.

Besoknya saya masih penasaran. Ya, begitulah saya, rasa penasaran dan ingin tahu saya memang cukup tinggi. Jadi sekali lagi saya makan mie yang sama dengan sambal yang sama.

Ternyata saya tidak apa-apa. Setelah itu saya merenung. Sambal dapat diibaratkan sebagai segala kejadian dalam hidup.

Bagi yang menyukai sambal, sambal dapat dianggap sebagai hal-hal yang mendewasakan kita. Bagi yang tidak menyukai sambal, sambal dapat dianggap sebagai hal-hal yang dapat membuat kita menjauh dari Tuhan.

Setiap kejadian dalam hidup kita tergantung pada cara pandang kita. Jika kita memandang dengan perspektif kita, bisa jadi kita melihat ada kejadian yang pahit, menyakitkan, buruk, dan tidak menyenangkan.

Itu terjadi karena kita hanya memandang segala sesuatu dalam perspektif kita yang terbatas, dalam kerangka waktu yang terbatas. Hanya saja, Tuhan memandang dan merencanakan segala sesuatunya secara sempurna.

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28)

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” (Yeremia 29:11)

Jadi tidak pernah Tuhan merancangkan hal yang pahit, menyakitkan, buruk, dan tidak menyenangkan. Ada berbagai hal yang saya alami yang juga bersifat pahit, menyakitkan, buruk, dan tidak menyenangkan dalam perspektif saya. Ketika saya berhenti untuk merenung, biasanya saya menemukan alasan untuk sebagian masalah tersebut.

Untuk sebagian lagi masalah yang saya belum bisa temukan alasannya, biasanya saya kemudian bertemu dengan orang-orang yang mengalami masalah serupa dengan yang saya alami. Itu sebabnya saat mereka konseling, jauh lebih mudah untuk berempati dan membantu mereka menghadapi persoalannya.

Jika saat ini Anda merasa sebagai bukan penggemar sambal yang harus makan sambal, alias orang yang mengalami masalah yang terasa menenggelamkan, tetaplah ingat kebaikan dan rencana Tuhan yang sempuna bagi hidup Anda. Ia tidak pernah lalai, Ia tidak pernah terlambat. Tidak pernah ada perkara yang mustahil bagi-Nya.

Panggillah nama-Nya: Yesus. Ia selalu menanti Anda memanggil-Nya, untuk mengundang Ia masuk ke dalam hidup dan hati Anda, untuk menjadi Raja dan Juru Selamat pribadi Anda. Mungkin saat Anda melakukan hal itu, masalah tidak serta-merta menghilang, karena Ia tidak menginginkan iman yang instan namun rapuh. Tapi saat Anda sungguh-sungguh mengundang Ia masuk dalam hidup dan hati Anda, kedamaian yang sempurna dan penyertaan-Nya itulah yang Ia janjikan.

Jadi, apa pilihan Anda? Pilihan Anda menentukan hidup Anda.

Doaku hari ini: terima kasih buat kebaikan-Mu dalam hidupku, Tuhan. Setiap hal yang Kau izinkan terjadi di dalam hidupku adalah untuk kebaikanku, untuk kebaikan orang-orang di sekitarku, dan untuk kemuliaan nama-Mu.

Ada sejumlah hal yang masih aku belum temukan alasannya hal itu harus terjadi di hidupku, tapi aku tahu Engkau lebih mengerti jalan-jalanku. Apapun itu, walau tak mudah, aku berserah dan kuminta kekuatan-Mu untuk menjalani semuanya.

Untuk setiap orang yang sedang mengalami berbagai masalah dalam hidup mereka, kuatkan dan teguhkan hati mereka ya, Tuhan. Berikan kepada mereka pengertian yang benar, supaya dalam apapun yang terjadi nama-Mu tetap dapat dimulaikan.

Rancangan-Mu lebih tinggi daripada rancangan kami, ya Tuhan. Jalan-jalan-Mu tak terselami, tapi kami percaya bahwa orang yang berharap kepada-Mu tidak akan pernah dikecewakan.

Itu sebabnya kami dapat dengan yakin terus berjalan di setiap langkah hidup kami bersama Engkau. Karena Engkaulah Tuhan, Raja, dan Juru Selamat kami, kami aman senantiasa dalam rencana-Mu yang sempurna.

Kami letakkan setiap rencana dan masa depan kami di dalam tangan-Mu, sebab Engkaulah yang Maha Tahu segalanya. Biarlah hidup kami menjadi pujian bagi-Mu, biarlah setiap hal yang kami lakukan dapat memuliakan Engkau.

Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: