All for Glory of Jesus Christ

Connect

Tema tahun ini untuk gereja saya adalah “Connect” atau terhubung. Mulai dari akhir tahun lalu sampai awal tahun ini, saya banyak sekali mengalami “connect” ini.

Mulai dari penulisan tema yang sama dengan Rick Warren, Joel & Victoria Osteen, sampai dengan pesan singkat yang setiap hari saya kirimkan kepada teman-teman saya.

Saya akan tuliskan sejumlah pesan yang saya temui memiliki kesamaan di dalamnya tanpa kami saling membaca pesan satu dengan lainnya sebelumnya:

Denny pada Hari Minggu, 2 Januari 2011 menuliskan pesan berikut ini kepada saya:

“The Lord’s great love we are not consumed, for His compassions never fail. They are new every morning, great is His faithfulness, good morning!”

Pesan saya pada hari yang sama adalah:

“Give thanks to God everyday since He is good! His blessing is new every morning. How we should be so grateful to have such a loving God. Good morning!”

Anda pasti dapat melihat dengan jelas kesamaan pesan yang kami berikan di sana. Saya akan berikan lagi yang lainnya.

Norma pada Hari Selasa, 4 Januari 2011 menuliskan pesan:

“Terobosan di 2011: Mulai segala sesuatu dengan doa, rajin renungkan firman. God bless you.”

Sementara pesan saya pada hari yang sama adalah:

“Your words were found, and I ate them, and Your word was to me the joy and rejoicing of my heart.” (Jeremiah 15:16) – Our daily bread. It is important to read, contemplate, accept, and do the God’s word in Bible everyday. Never neglect the food for your soul. Good morning!”

Menarik bukan? Lebih menarik lagi adalah saya pada 7 Januari 2011 mendapatkan pesan Re-tweet (pengiriman ulang) pesan Sidney Mohede, seorang pendeta untuk kaum muda di suatu gereja di Jakarta. Isi pesannya adalah:

“EVERYONE is fighting a different battle everyday. Be kind. BE KIND to everyone. You could be d key to unlock their miracle.”

Sementara pesan saya pada hari yang sama adalah:

“Opportunity to be kind are never hard to find. – Our daily bread. The problem is do we want to take the opportunity to do good deeds? Good morning!”

Our daily bread atau buku renungan harian yang saya baca adalah bukan buku renungan harian baru, tapi buku renungan tahun 1997. Jadi mustahil kalau kami membaca renungan dari tahun yang sama. Tetapi memang Tuhan adalah Allah yang luar biasa, Ia bisa memberikan pesan yang sama bagi kami.

Untuk informasi tambahan, Denny berlokasi di Jakarta, Norma di Tangerang, Sidney Mohede di Jakarta. Seorang teman saya, Ronny, memberikan komentar bahwa:

“Air dengan sumber yang sama mempunyai rasa yang sama.”

Memang benar bahwa jika Roh Kudus yang memberikan inspirasi maka semua akan terhubung dengan sangat indahnya. Hal yang lebih luar biasa lagi, ketika tanggal 22 Desember 2010 lalu, saya mendapatkan satu pesan di Twitter saya dari seorang anggota baru di Worldprayr. Namanya Valerie.

Valerie tidak pernah bercakap-cakap dengan saya di instant messenger yang saya miliki, juga saya tidak pernah menceritakan permasalahan pribadi saya di email. Saya hanya menyambut bergabungnya ia ke Worldprayr dan menawarkan jika ia membutuhkan pelatihan untuk memoderasi, maka saya siap untuk melatih dirinya.

Sudah hanya itu. Hanya saja memang dari email balasannya, saya bisa menangkap roh yang luar biasa yang ada dalam dirinya. Antusias dan semangatnya sangat terasa sekali dari kata-kata yang digunakannya.

Percaya atau tidak, tapi saya bisa menangkap karakter seseorang dari tulisan yang digunakannya. Dari email balasan pertama yang saya peroleh dan dari email kedua, saya menangkap Valerie memang sangat penuh Roh Kudus.

Pada tanggal 22 Desember 2010, ia tiba-tiba mengirimkan pesan begini ke Twitter saya:

“Beloved daughter of God, may the Lord look upon ur afflictions & pain &move upon all that has opposed u.Be richly blessed!”

Saya tertegun karena saya memang saat itu sedang mengalami sesuatu yang sungguh membuat saya terluka. Padahal saya tidak pernah menceritakan hal itu kepada dirinya, saya lalu berterima kasih atas doanya dan bertanya kepadanya mengenai bagaimana caranya dia bisa mengetahui hal itu?

Ia menjawab demikian:

“U r welcome beloved. The source is the Person of the Holy Spirit, He told me what 2 say 2u & I typed it. B Blessed Sister!”

Saya sungguh takjub akan karya Roh Kudus yang menghubungkan setiap anak-anak-Nya dengan sangat luar biasa! Bahkan program “Dari Hati untuk Merapi” (“From the Heart to Merapi”) juga salah satu bentuk kerja Roh Kudus yang menghubungkan begitu banyak orang yang bahkan belum pernah bertemu sebelumnya untuk saling bekerja sama untuk satu tujuan: menolong korban Merapi.

Ah, sungguh indah hidup di dalam Tuhan! Segala hal yang tak pernah terpikirkan, itulah yang terjadi. Saya sungguh percaya bahwa setiap orang yang telah menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadinya akan menerima Roh Kudus dan akan mengalami “connect” itu, baik dengan Roh Kudus maupun dengan yang lainnya.

Roh Kudus, Pribadi Allah yang Maha Tahu itu tinggal dalam diri setiap kita yang mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan Jurus Selamat kita. Ia berperan untuk mengajar, menegur, mengarahkan, dan menuntun kita dalam menjalani hidup kita.

Ada beberapa lagi kejadian yang saya baru ingat yang juga merupakan contoh “connect” ini. Seperti misalnya ketika saya tiba-tiba ingin membeli 2 flash disc untuk memuat file (back up) di komputer kantor dan juga di notebook saya. Tak lama dari itu, ternyata file di flash disc lama saya terkena virus. Untungnya karena sudah ada back up tersebut, jadi saya tidak panik.

Tak lama saya tiba-tiba mendapatkan ide untuk mencari di google cara untuk mengatasi virus tersebut dan saya segera mendapatkannya. Luar biasa cara Roh Kudus bekerja!

Jika Roh Kudus bekerja, tidak pernah ada hal yang sulit. Semua hal adalah mungkin, semua hal itu dapat dilakukan dengan tuntunan-Nya. Bersama Tuhan kita dapat melakukan perkara yang bahkan terlihat mustahil oleh pikiran manusia.

Pertanyaannya adalah: siapkah kita semua untuk “connect” dengan Roh Kudus? Jawabannya ada dalam diri kita masing-masing.

Amin.

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

