All for Glory of Jesus Christ

Kunci dan Anugerah

Hari ini setelah saya selesai berenang, saya kembali ke tempat kerja seperti biasa. Sewaktu saya berjalan, saya meraba saku tas saya untuk mencari kunci ruangan saya. Ternyata tidak terasa adanya kunci itu. Setelah itu saya meraba lagi saku tas di sisi yang lain. Ternyata tidak terasa juga adanya kunci itu. Saya terkejut!

Saya berpikir-pikir mengenai kemungkinan saya meninggalkan kunci itu di pintu ruangan saya. Kemudian saya mengeliminasi kemungkinan itu. Saya kemudian berpikir bisa jadi saya memasukkan kunci itu bukan di saku tas, tapi di dalam tas.

Sebelum saya sempat untuk membuka tas saya, saya tiba-tiba terpikir untuk meraba saku tas sekali lagi. Ternyata, kunci itu ada di sana! Ah, saya lega sekali. Tepat saat saya menyadari kunci saya ada di dalam saku tas saya dan saya keluarkan untuk saya pegang, ada semacam pemikiran yang tiba-tiba timbul dalam pikiran saya:

“Kunci ini seperti anugerah. Seringkali anugerah itu sudah ada, sudah tersedia, tapi tidak disadari oleh orang yang harus mendapatkannya.”

Setelah saya pikirkan, hal itu membuat saya tertegun. Benar! Tuhan itu baik. Ia mengasihi anak-anak-Nya dengan sangat luar biasa. Ia memberikan berbagai anugerah. Salah satu anugerah-Nya yang terbesar adalah anugerah keselamatan. Setelah itu ada berbagai macam anugerah-Nya yang lain, seperti anugerah kesehatan, pekerjaan/usaha yang baik, anak-anak yang sehat, baik, dan menjadi kegembiraan bagi orang tua, pasangan hidup yang sepadan, orangtua dan mentor yang mendidik dan mengarahkan ke arah yang benar, dan lain-lain.

Itu semua adalah anugerah dari Tuhan.

“Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” (Yakobus 1:17)

Hanya saja sayangnya tidak semua orang menyadari anugerah itu. Bukan hanya tidak menyadari, tapi juga ada yang tidak mau menerima anugerah itu bahkan menolaknya. Sungguh sayang sekali kalau ada orang yang tidak menyadari besarnya anugerah yang sudah disiapkan Tuhan bagi-Nya.

Cukup banyak orang yang juga sudah menerima Kristus sebagai Tuhan dan Raja dalam hidupnya, di dalam perjalanan hidupnya saat menghadapi berbagai persoalan dan masalah, merasa bahwa Tuhan tidak berserta-Nya lagi. Padahal penyertaan Tuhan itu sempurna karena Ia adalah Imannuel: Allah beserta kita.

Bukan berarti bahwa saat kita diberkati itu berarti Tuhan beserta kita dan sebaliknya saat kita dalam masalah berarti Tuhan meninggalkan kita. Bukan! Tuhan senantiasa beserta kita! Permasalahannya adalah sadarkah kita akan hal itu? Ia memberikan kita anugerah-Nya yang begitu besar: Roh-Nya sendiri ada di dalam kita, Roh Kudus yang selalu menyertai kita.

Karena Ia ada di dalam kita, kita dimampukan untuk melakukan hal-hal yang begitu besar, bahkan lebih besar daripada hal-hal yang pernah Yesus lakukan dahulu di dunia sebelum Ia kembali kepada Bapa.

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.” (Yohanes 14:12-13)

Sayangnya pemikiran dan pemahaman diri kita sendiri dan juga tipu muslihat iblis senantiasa mengecilkan anugerah yang sudah ada itu. Inilah saatnya bagi kita untuk menyadari anugerah yang sudah Tuhan sediakan bagi kita. Inilah saatnya juga bagi kita untuk menggunakan anugerah yang Tuhan sediakan bagi kita. Inilah saatnya bagi kita untuk menghargai anugerah yang sudah Tuhan sediakan itu.

Karena sesungguhnya kita tidak layak menerimanya, anugerah itu diberikan. Tiada seorangpun layak menerima anugerah itu, hanya karena kemurahan Allahlah kita berolehnya. Sudahkah kita menyadari hal tersebut? Sudahkah kita menghargai hal itu? Sudahkah kita membagikan anugerah itu?

Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: